Jakarta.go.id
  •  •  English
  •  •  Login
  •  •  Signup
  • Balai Warga 2977

    mandala:

    kpd, humas pemda dki. dimana saya dapat men-download DPA APBD 2014, kel gunung sahari utara? yg ter...

    Lie:

    Sore Pak, saya ingin bertanya, apakah diperlukan permintaan PM1 dan PM2 sebagai persyaratan perijina...

    Nendra:

    Selamat pagi Humas DKI Jakarta. Saya ingin melaporkan tentang kemacetan yang sering terjadi di perem...

    hendriko:

    ass.... humas DKI jakarta..untuk surat surat lainnya sudah lengkap hanya terkendala pada akte cerai ...

    hendriko:

    ass.... humas DKI jakarta.. saya ingin membuat kk baru atau pisah kk dari mantan istri saya, tp saya...

  

Penerbitan SIUP di Jakbar Meningkat

Posted: Dec 14, 2011 Category: Jakarta Kini
 

Upaya Sudin Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) Jakarta Barat menjembatani dunia usaha dengan menggelar kegiatan jemput bola pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) gratis baik lewat kegiatan one day service di mal ataupun pasar, maupun di Kantor Walikota Administrasi Jakarta Barat, mendapat respons cukup positif di kalangan pedagang.

Itu terbukti dengan meningkatnya jumlah SIUP yang berhasil diterbitkan. Jika pada 2010 Sudin KUMKMP Jakarta Barat hanya berhasil menerbitkan 300 SIUP, pada 2011 jumlahnya meningkat menjadi 400 SIUP yang berhasil diterbitkan.

Kasudin KUMKMP Jakarta Barat, M Adiah mengungkapkan, dari 400 SIUP yang berhasil diterbitkan sepanjang 2011, sebanyak 150 SIUP merupakan hasil jemput bola selama enam kali kegiatan one day service yang dilaksanakan di mal dan pasar tradisional yang tersebar di Jakarta Barat, sedangkan selebihnya sebanyak 250 SIUP diterbitkan dari hasil berkas yang masuk melalui unit layanan terpadu di Kantor Walikota Administrasi Jakarta Barat.
   
“Setiap pelayanan jemput bola di mal atau pasar setidaknya kita berhasil menerbitkan 25 SIUP, dan itu belum termasuk yang di kantor walikota. Melihat peningkatan jumlah pembuat SIUP, menandakan animo dan kesadaran pelaku usaha untuk mendaftarkan usahanya ke pemerintah boleh dikatakan semakin tinggi,” ungkap Adiah, Selasa (13/12).

Namun, Adiah mengakui dari puluhan ribu pelaku usaha di Jakarta Barat, baru sekitar 60 persen yang sudah memiliki SIUP. Sedangkan sisa 40 persen pelaku usaha yang belum membuat SIUP, akan digenjot pihaknya dengan menggencarkan sosialisasi dan memperbanyak kegiatan one day service.

“Targetnya 600 SIUP bisa kita terbitkan dengan sasaran tetap mal dan pasar tradisional. Kalau pemilik usaha punya SIUP dapat lebih dipercaya oleh bank saat hendak meminjam uang untuk tambah modal,” tegas Adiah.

Namun, sesuai kewenangan, pihaknya hanya bisa menerbitkan SIUP bagi usaha dengan modal Rp 50 juta-Rp 500 juta untuk pelaku usaha kecil serta Rp 10 miliar ke bawah untuk pelaku usaha menengah. “Sedangkan di atas Rp 10 miliar kepengurusannya di Dinas KUMKMP DKI Jakarta. Layanan ini gratis dan prosesnya mudah hanya satu hari,” tandasnya.

 
Reporter: moan
Sumber  : beritajakarta.com


© 1995 - 2014 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map