Jakarta.go.id
  •  •  English
  •  •  Login
  •  •  Signup
  • Balai Warga 2999

    maulana:

    Yth , maaf sy bertnya , apakah bisa mengurus izin usaha melalui online mohon jawabanny...

    maulana:

    Yth pemda dki , sy mau mengurus izin usaha , harus kemana ???...

    Nori:

    Yth Pak Gubernur, Ke mana bisa melaporkan dengan cepat pelanggaran Perda Larangan Merokok. Banyak te...

    dewi:

    sangat memberatkan persayratan pemasangan baru maupun + daya listrik di jakarta karna IMB samapi 5 j...

    dewi:

    saya sudah tanya pembuatan IMB jakarta pusat kemayoran sebesar diatas 5 juta mohon tinjauannya benar...

  

4 Tokoh Dianugerahi Gelar Pahlawan Betawi

Posted: Nov 11, 2011 Category: Jakarta Kini
 

Untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur dalam memperjuangkan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia), organisasi massa kedaerahan yang tergabung dalam Forum Betawi Rempug (FBR) bersama Bamus Betawi menggelar tahlil akbar dan haul pahlawan nasional, dengan tema `Penganugerahan Gelar Pahlawan Betawi`. Dalam kegiatan itu, Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo menganugerahkan gelar pahlawan Betawi kepada empat tokoh. Mereka adalah, almarhum KH Abdul Madjid (Guru Madjid), almarhum Letkol Syafe`i (Bang Pi`i Senen), almarhum Mahbub Junaedi, dan almarhum Muhammad Mashabi.

Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo menyambut baik kegiatan tersebut. Menurutnya, FBR sebagai organisasi massa sangat menghargai dan tidak melupakan sejarah serta jasa-jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan bagi Indonesia. "Mereka yang dianugerahi gelar pahlawan Betawi tentunya juga merupakan pejuang yang ikut memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia," ujar Fauzi, Kamis (10/11) malam. 

Dikatakan Fauzi, dirinya pun telah berupaya agar para pahlawan dari etnis Betawi ini diberikan gelar sebagai pahlawan nasional. "Saya akan terus berupaya agar para pahlawan Betawi dapat diberikan gelar sebagai pahlawan nasional," ujarnya.

Ketua panitia acara, Yulino Sakti mengungkapkan, digelarnya kegiatan tersebut dikarenakan banyaknya pejuang-pejuang Betawi yang terlupakan. Oleh karenanya, ia menilai sudah selayaknya FBR sebagai generasi penerus memberikan penghargaan gelar pahlawan Betawi kepada tokoh Betawi yang dianggap layak. Keempat tokoh pejuang Betawi yang diangkat menjadi pahlawan adalah KH Abdul Madjid (Guru Madjid 1887-1947). Sosok yang lahir di Pekojan, Tambora, Jakarta Barat, pada tahun 1887 ini merupakan salah satu tokoh Betawi yang telah banyak melahirkan ulama yang awalnya sebagai muridnya, seperti KH Abdul Razaq Ma`mun (Tegalparang), KH Najihun (Kosambi), KH Abdullah Syafe`i (Bali Matraman) dan lain sebagainya. Selain itu, Guru Madjid mengarang kitab Arab Melayu taqwimun nayyirain, yakni di bidang ilmu falaq.

Tokoh kedua adalah Letkol Syafe`i (Bang Pi`i Senen), yang lahir di Kampung Bangka, Kemang, Jakarta Selatan, pada bulan Agustus tahun 1923. Sosoknya merupakan nasionalis sejati dan pejuang pada zaman sebelum kemerdekaan serta sangat setia kepada Presiden Pertama RI, Soekarno. Dalam Kabinet 100 Menteri, Syafe`i juga pernah menjabat sebagai Menteri Urusan Keamanan. Jabatannya itu disandang sejak 24 Februari-23 Maret 1966. 

Selanjutnya, tokoh ketiga adalah Mahbub Junaedi, yang lahir pada 27 Juli 1933. Tokoh tersebut merupakan sosok yang gemar berorganisasi. Selain pernah menjabat sebagai Kepala Biro Peradilan Agama pada Kementrian Agama, Mahbub juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua PWI Pusat pada tahun 1963, memimpin IPNU, pengurus HMI mendirikan PMII dan menjadi anggota DPRGR/MPRS pada tahun 1960-1970. 

Tokoh terakhir adalah Muhammad Mashabi (1943-1967), yang merupakan seniman sejati. Sosoknya merupakan salah satu pencipta dan penyanyi musik Melayu pada era tahun 1950 hingga 1960-an di Indonesia.

Dalam acara itu, Fauzi Bowo secara simbolis memberikan anugerah pahlawan Betawi dan penghargaan kepada keluarga dan anak para tokoh tersebut. Sementara itu, pantauan beritajakarta.com, ratusan massa FBR dari berbagai penjuru di Ibu Kota sejak sore telah memenuhi lapangan IRTI Monas, Jakarta Pusat, untuk mengikuti jalannya acara tersebut. 

Mereka juga dihibur dengan berbagai acara, seperti lantunan musik dan lagu karya M Mashabi, ondel-ondel dan lain sebagainya. Selain itu, acara juga diisi dengan doa bersama untuk para pahlawan.
 


Reporter: amin  
Sumber  : beritajakarta.com


© 1995 - 2014 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map