Jakarta.go.id
  •  •  English
  •  •  Login
  •  •  Signup
  • Balai Warga 2757

    mochammad:

    sampai saat ini saluran air di pulogebang RT.4 RW.6 Cakung Jaktim masih Terlantar, saya akan report ...

    mochammad:

    sampai saat ini saluran air di pulogebang RT.4 RW.6 Cakung Jaktim masih Terlantar, saya akan report ...

    mochammad:

    sampai saat ini saluran air di pulogebang RT.4 RW.6 Cakung Jaktim masih Terlantar, saya akan report ...

    Alex:

    Yth. Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, tolong dibantu, mengenai masalah TPS liar yang ada di ...

    Bayu:

    Saya sarankan di Indonesia ini memiliki hari libur nasional atau hari spesial untuk nostalgia/mengen...

  

Feeder Bus Transjakarta Sangat Bermanfaat

Posted: Oct 06, 2011 Category: Jakarta kita
 

Komitmen Pemprov DKI Jakarta untuk membenahi sistem transportasi massal melalui pelayanan bus Transjakarta terus dilakukan. Buktinya, Pemprov DKI Jakarta tidak sekadar menambah jumlah  koridor maupun armada bus Transjakarta saja untuk melayani warga. Mulai Rabu 28 September 2011, Pemprov DKI Jakarta juga akan mengoperasikan tiga rute feeder bus Transjakarta yang terintegrasi dengan koridor lain yang telah beroperasi.

Tiga rute feeder bus Transjakarta yang sudah beroperasi itu yakni, rute I (Sentra Primer -Daan Mogot), rute II (Tanahabang-Balaikota) dan rute III (SCBD-Senayan). Total jumlah armada yang akan melayani tiga feeder itu sebanyak 15 armada dengan rincian, 6 armada beroperasi pada rute I, 4 armada beroperasi untuk rute II dan 5 armada untuk rute III.

Tiket untuk rute feeder menggunakan sistem tiket terintegrasi dengan tiket bus Transjakarta. Harga tiketnya sebesar Rp 6.500 per orang dengan  rincian Rp 3.500 untuk tiket bus Transjakarta dan Rp 3.000 untuk tiket feeder bus Transjakarta.

Total jumlah  halte yang disediakan untuk tiga rute ada sebanyak 19 halte, yaitu  rute I terdiri dari 8 halte, rute II terdiri 5 halte dan rute III terdiri 6 halte. Masing-masing halte dilengkapi undakan tangga, karena bus feeder memiliki dek tinggi yang sama dengan bus Transjakarta.

Sementara itu, koridor yang terintegrasi dengan feeder busway yakni di rute I  feeder terintegrasi Koridor III (Kalideres-Harmoni) dan Koridor VIII (Lebakbulus-Harmoni), rute II feeder terintegrasi dengan Koridor I (Blok M-Kota) dan Koridor II (Pulogadung-Harmoni) serta Rute III  feeder terintegrasi dengan Koridor I dan Koridor IX (Pinangranti-Pluit).

Lintasan yang akan dilalui  feeder bus Transjakarta, untuk rute I akan melintasi RS Puri Indah-Walikota Jakarta Barat- Pasar Puri sisi utara-Pasar Puri sisi selatan-Mutiara Kedoya sisi timur-Kedoya Raya sisi barat-Kembangan sisi selatan-pesanggrahan sisi timur-transfer point koridor VIII-transfer point Koridor III.

Lintasan  rute II adalah Jatibaru - Abdul Muis sisi barat -IRTI sisi selatan -Abdul Muis sisi timur (Kemenhub) -Jl Fahrudin sisi barat-transfer point Koridor II -transfer point Koridor I. Sedangkan  rute III melintasi BEJ-Komdak-Gelora Senayan-Plaza Senayan-Senayan Trade Center-transfer point Koridor I dan transfer point Koridor IX. Feeder beroperasi mulai pukul 05.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB.

"Perencanaan feeder itu sudah ada dari awal pembuatan busway pada Perda DKI No. 103 Tahun 2007  tentang Pola Transportasi Makro Bab IV Pengembangan Sistem Transportasi Pasal 4 sampai 20. Pengadaan busway yang diikuti dengan pengadaan feeder merupakan langkah tepat Pemprov DKI dan Dishub DKI dalam rangka pengadaan alat transportasi massal yang baik," kata Zahrotul Addawiyah (22), Warga Jakarta, kepada Jakarta.go.id, Kamis (06/11/2011).

Ditambahkan Zahrotul ada baiknya Pemprov DKI bekerja sama dengan daerah penyangga (DETABEK) mengintegrasikan busway. Feeder busway sebuah keharusan yang nantinya mampu menggantikan sistem angkot-bajaj yang carut marut. Feeder busway dan busway sejatinya ga bisa dipisahin begitu saja, secara sistematis merupakan sebuah kesatuan.

Laporan : Galih/Eka/Doni
 


© 1995 - 2014 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map