Jakarta.go.id
  •  •  English
  •  •  Login
  •  •  Signup
  • Balai Warga 2950

    Handi:

    Mohon agar dokumen Pedoman Lembaga Musyawarah Kelurahan disediakan dalam format yang lebih baik. Saa...

    Lie:

    Pertanyaan lain Pak : 1. Apakah semua warga DKI berhak mendapatkan BPJS tanpa kecuali ? 2. Dimana ...

    Lie:

    Sore Pak, saya ingin bertanya, saya sudah melihat bagian Pegurusan SIUP dan sudah melengkapi persyar...

    Eddy:

    Selamat siang Pak, saya mahasiswa di Jakarta sedang menulis tugas akhir kuliah. Dan berniat mau wawa...

    Faray:

    selamat sore pak, saya mau tanya kalau saya mau lihat laporan saya yang terdahulu bagaimana caranya ...

  

Beragam Menu Favorit Sahur dan Buka Puasa

Posted: Aug 11, 2011 Category: Jakarta kita
 

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang selalu dinanti banyak orang terutama umat muslim, karena di bulan ramadhan umat muslim wajib menjalankan ibadah puasa. Pada momen ini setiap orang yang menjalankan ibadah memiliki menu favorit atau makanan wajib yang harus ada saat berbuka dan sahur.

Nah bagi lima pemuda Arka, Mail, Adit, Ardin dan Adi di Jakarta Selatan ini saat ditemui Jakarta.go.id, Kamis (11/8/2011) mengaku berteman tetapi berbeda dalam urusan favorit menu puasa.

Arka (berkacamata) lebih memilih Kurma, Lontong isi oncom atau wortel-kentang dan segelas teh manis hangat sebagai menu berbuka favoritnya, "Biar perut tidak kaget, karena seharian perut kosong tuh, jadi ini lebih baik," katanya yang mengaku setelah shalat maghrib baru makan-makanan berat.

Untuk sahur makanan wajib di rumah Arka adalah menu yang rasanya pedas," Saya lebih suka dan menu wajibnya yang ada pedasnya, seperti rendang, telur balado atau ikan tongkol balado. Sayur pelengkapnya tumis buncis. Rasanya buncis kan ada manisnya, biar seimbang gak pedas semua," ungkapnya.

Berbeda dengan Arka, Mail (berbaju kemeja) lebih suka berbuka dengan makan nasi langsung lengkap dengan lauk pauknya.

"Lebih enak langsung makan nasi dengan lauk pauk lengkap, seperti telur dadar atau ikan balado dan jangan lupa sayur sop panas. Seharian puasa badan lemas, jadi bisa langsung bertenaga. Tapi itu juga karena tradisi di keluarga, saat berbuka langsung makan nasi. Tambahannya paling kolak pisang dan es buah," Jelas Mail.

Sedangkan menu sahurnya, Mail lagi-lagi memilih telur dadar sebagai lauknya. "Kalo telur dadar kuning dan putihnya jadi satu, kebetulan saya kurang suka kuning telur tapi hobi makan telur, nah kalo telur dadar jadi ikut dimakan semua gak ada yang dibuang mubazir, selain itu kandungan di dalam telur bisa menambah tenaga saat puasa. Oiya, ditambah kecap yah biar makin enak. " tutur Mail.

Untuk Adhitya (sebelah Arka) memilih kolak pacar cina, syrup dingin dan tahu isi untuk menu buka puasa favoritnya, "Kalo pacar cina lembut dan manis jadi lebih mudah dicerna, apalagi perutnya belum terisi apa-apa seharian. Syrup dingin sendiri sebagai pelepas rasa haus seharian, seger banget rasanya boleh ditambah timun suri atau selasih," ungkapnya yang menambahkan jika tahu berisi memang menu wajib keluarganya saat buka puasa.

Sementara untuk menu sahur makanan fovorit ikan cue pindang, " Menu sahur favorit ikan cue pindang, tempe bejek (tempe yg di goreng tapi tidak memakai minyak, terus di bejek (diulek) sama bumbu) dan lalapan. Jangan lupa sambel mentahnya, kasih kecap sedikit. Menu itu benar-benar sehat dan menggugah selera. Badan gak lemas walau seharian puasa,"tegasnya.

Sedangkan untuk Ardin (sebelah Mail) saat buka puasa itu harus ada es teh manis."Itu wajib, Kalau makanan sih relatif, apa aja yang ada di depan mata saat buka puasa. Ada gorengan ya gorengan, kolak juga gak nolak," tegas Ardin.

Untuk buka puasa Ardin sendiri tidak terlalu banyak makan, karena Ardin memilih makan berat setelah shalat tarawih.

"Seafood, menu makan berat favorit malam hari saat puasa, seperti cumi goreng tepung, udang lada hitam dan tumis kangkung. Biar langsung tidur Jelas ardin. Saat buka bareng juga lebih memilih makan di restoran seafood, lebih enak dan mengenyangkan. Kalo sahur, paling hanya mie rebus sama telur karena malamnya sudah makan berat jadi masih kenyang," sambungnya.



Laporan : Icha/Eka


© 1995 - 2014 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map