Jakarta.go.id
  •  •  English
  •  •  Login
  •  •  Signup
  • Balai Warga 2996

    dewi:

    sangat memberatkan persayratan pemasangan baru maupun + daya listrik di jakarta karna IMB samapi 5 j...

    dewi:

    saya sudah tanya pembuatan IMB jakarta pusat kemayoran sebesar diatas 5 juta mohon tinjauannya benar...

    Agus:

    Yth,Admin" mau nanya Keputusan Gubernur No. 1653 Tahun 2010 Tentang : Pemberian Uang Insentif Ope...

    firman:

    Yth dinas perhubungan, kapan dibetulkan jembatan pejaten barat raya, di depan pejaten village yang l...

    firman:

    Yth Dinas PU DKI, tolong segera dikeruk sungai Ciliwung di kampung melayu. Mumpung air sedang surut,...

  

DKI Buka Pendaftaran Calon Anggota Komisi Informasi

Posted: Jul 07, 2011 Category: Jakarta Kini
 

Sesuai amanat Undang-undang No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Pemprov DKI Jakarta segera membentuk Komisi Informasi DKI Jakarta. Sejauh ini, telah terbentuk panitia seleksi anggota komisi informasi yang terdiri dari berbagai unsur seperti, Komisi Informasi Pusat, Kementerian Komunikasi dan Informasi, akademisi, pemerintah daerah, pers dan LSM.

Sekretaris Panitia Seleksi Calon Anggota Komisi Informasi DKI Jakarta, Cucu Ahmad Kurnia mengatakan, pendaftaran untuk calon anggota dibuka mulai hari ini, Kamis (7/7)  hingga Selasa (19/7) mendatang. Untuk formulir pendaftaran, dapat diperoleh melalui website resmi Pemprov DKI Jakarta yakni, beritajakarta.com dan jakarta.go.id.

Bagi calon peserta, dikatakan Cucu, harus memenuhi persyaratan sebagai berikut, WNI, memiliki integritas yang tidak tercela, tidak pernah dipidana, memiliki pengetahuan dan pemahaman dibidang keterbukaan informasi publik, bersedia melepaskan keanggotaan dan jabatannya dalam badan publik apabila diangkat menjadi anggota komisi informasi, bersedia bekerja penuh waktu, berusia paling rendah 35 tahun pada saat mendaftar, serta sehat jiwa dan raga.

Pendaftaran dapat dilakukan setiap hari kerja yakni Senin-Jumat pada pukul 09.00 sampai dengan 16.00. Dokumen pendaftaran dapat dikirim melalui email ke pansel_kip@jakarta.go.id atau di ruang sekretariat penitia seleksi di Dinas Komunikasi, Informasi, dan Kehumasan (Diskominfomas) DKI Jakarta, gedung Balaikota Blok E, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. "Bisa juga dikirim melalui pos, dengan kilat khusus cap pos," ujar Cucu, Kamis (7/7).

Dikatakan Cucu, nantinya komisi informasi ini dapat menjadi penengah jika ada permasalahan mengenai informasi yang boleh atau tidak diberikan kepada kemasyarakat. Menginggat, beberapa informasi ada yang bersifat rahasia.

Dari ribuan pendaftaran, nantinya hanya akan dipilih lima orang untuk menjadi anggota komisi informasi DKI Jakarta ini. Setelah di seleksi berdasarkan persyaratan yang ditetapkan, maka beberapa nama kandidat kemudian akan diserahkan ke DPRD DKI Jakarta. "Anggota komisi informasi ini akan dipilih lima orang saja. Nanti DPRD yang akan menentukan," katanya.

Ketua Panitia Seleksi Calon Anggota Komisi Informasi DKI Jakarta, Danardono Siradjudin mengatakan, pendaftaran ini hanya dikhususkan untuk warga yang ber-KTP DKI Jakarta. Menginggat nantinya sengketa yang akan ditangani berada di wilayah DKI Jakarta. Selama ini, sengketa informasi yang terjadi di ibu kota masih ditangani oleh Komisi Informasi Pusat. "Setelah komisi informasi DKI terbentuk, semua sengketa yang belum selesai ditangani akan langsung dilimpahkan ke Komisi Informasi DKI," tegasnya.

Diharapkan, pada akhir tahun ini, Komisi Informasi DKI sudah terbentuk. Diperkirakan tahapan seleksi hingga penetapan anggotan akan memakan waktu 4-5 bulan ke depan.  Setelah proses pendaftaran, kemudian dilanjutkan dengan tahapan seleksi admistrasi, tes tertulis, dinamika kelompok, dan psikotes. Setelah semuanya selesai sebanyak 10-15 calon anggota Komisi Informasi DKI Jakarta akan diajukan ke DPRD yang kemudian akan mendapatkan SK dari Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo.

Sementara itu, Beberapa provinsi yang telah memiliki Komisi Informasi yakni, Jawa Tengah, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Kepulauan Riau, Sulawesi Selatan, dan Nusa Tenggara Barat. Sedangkan DKI Jakarta bersama Nangroe Aceh Darussalam (NAD) saat ini tengah dalam proses pembentukan Komisi Informasi di masing-masing daerahnya.

 

Reporter: erna
Sumber  : beritajakarta.com


© 1995 - 2014 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map