Jakarta.go.id
  •  •  English
  •  •  Login
  •  •  Signup
  • Balai Warga 3004

    Danu:

    Yth. Pemprov DKI Jakarta. Saya ingin bertanya, untuk pengumuman hasil ujian TKD CPNS DKI Jakarta Tah...

    sis:

    Yth. Bpk Basuki TP / Ahok...mana janji bapak yg katanya akan memangkas birokrasi..nyatanya saya meng...

    Alex:

    Yth. Gubernur DKI Jakarta. Tolong wilayah Rawamangun (Jaktim) diperhatikan. Jalan Rawamangun Muka Ba...

    fabby:

    selamat siang Bapak/Ibu saya mau tanya besarnya retribusi izin undang-undang gangguan untuk bagunan ...

    sagimin:

    selamat pagi pak/ibu mau tanya bagaimana cara mengurus nomor ktp ganda. soalnya nomor ktp 3173020905...

  

BPLHD DKI Jakarta Adakan Edukasi Uji Emisi Secara Massal

Posted: Jul 08, 2011 Category: Jakarta Kini
 

Untuk menciptkan udara yang bersih di ibukota, Pemprov DKI Jakarta terus berkomitmen mengurangi pencermaran udara dari H2O (gas emisi) kendaraan bermotor yang juga tertuang dalam Perda DKI Jakarta Nomor 2 Tahun 2005 tentang Pengendalian Pencemaran Udara.

Kepala BPLHD DKI Jakarta, Peni Susanti, Jum'at (8/7/2011) mengungkapkan berdasarkan data yang ada, hingga saat ini tak kurang dari 6 juta sepeda motor yang lalu lalang setiap hari di jalanan Jakarta. Bahkan menurut catatan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo saat ini jumlah kendaraan baru di Jakarta tumbuh setiap harinya 1200 motor dan 250 mobil.

"Hal ini berpotensi meningkatkan pencemaran udara. Oleh karena itu upaya pengendalian pencemaran udara baik terhadapo sumber pencemar baik dari kendaraan umum maupun pribadi, dan sepeda motor (roda dua) yang jumlahnya terus meningkat ini merupakan sesuatu yang penting," katanya.

Selain perda tahun 2005, Pemprov DKI mengeluarkan Peraturan Gubernur Nomor 92/2007 tentang Uji Emisi Kendaraan Bermotor di Provinsi DKI Jakarta dimana dalam peraturan tersebut mengatur kewajiban uji emisi bagi sepeda motor, yaitu sekurang-kurangnya dua kali setahun.

"Kami juga melaksanakan Program Edukasi dan Advokasi Kewajiban Uji Emisi Sepeda Motor yang bertujuan untuk memberikan pemahaman dan menumbuhkan kesadaran masyarakat pemilik/pengguna sepeda motor berikut bengkel-bengkel sepeda motor," imbuhnya saat melakukan kegiatan Edukasi Uji Emisi sepeda Motor Massal yang diselenggarakan di kawasan Rasuna Epicentrum hari ini.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut juga diadakan Pameran Lingkungan Hidup yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center, "STOP Nyampah di Kali Ciliwung dan Penghargaan Lingkungan Hidup" dan diikuti oleh 5 vendor sepeda motor dan membuka stand bagi para pengendara sepeda motor untuk melakukan uji emisi motor secara gratis. Uji emisi gratis ini berlangsung mulai pukul 08.00 - 14.00 WIB

Selain itu, BPLHD DKI juga terus mengkampanyekan " Clean Air, Clean Water, Clean City for a better life" Artinya dengan udara yang bersih, air yang bersih dan kota yang bersih dapat membuat kehidupan masyarakatnya menjadi lebih baik sehingga dapat mensejahterakan masyarakatnya. (Icha / Gamma)


© 1995 - 2014 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map