Jakarta.go.id
  •  •  English
  •  •  Login
  •  •  Signup
  • Balai Warga 3034

    QuamillaRaverla:

    mau tanya dong.. pergub jakarta tentang kenaikan tarif angkutan sudah ada di publish belum ya? teri...

    tedi:

    info ke pada pemda jakarta timur.....di jakarta timur khusus nya di klinik kecamatan Ciracas masih b...

    mochammad:

    Yth Bapak Ahok saya ingin meminta jawaban tentang pengaduan saya ke gubernur dengan nomor agenda 004...

    ancha:

    yth Bp Ahok , saya merupakan pemilik tanah dilokasi waduk Marunda Jakut yg saat ini sedang proses pe...

    Lambok:

    Yth, Pak Gubernur, Mohon informasi perihal pengadaan penyediaan jasa pembersih/pemungut sampah di da...

  

Inspektorat Garda Terdepan Penegakan Aturan

Posted: Jun 10, 2011 Category: Jakarta Kini
 

Terpilihnya Franky Mangatas Pandjaitan sebagai Kepala Inspektorat Provinsi DKI Jakarta dinilai sebagai wujud kepercayaan gubernur. Banyak orang menaruh harapan besar, agar ia mampu melakukan hal terbaik dalam menegakan peraturan. "Menyikapi perkembangan yang terjadi, Inspektorat harus jeli dan profesional dalam menjalankan tugas. Ini untuk menyikapi perubahan dan tuntutan masyarakat yang terus meningkat," ujar M Rico Sinaga, Ketua Aliansi Masyarakat Jakarta (Amarta), Kamis (9/6). 

Inspektorat, sambungnya, harus menjadi bagian terdepan dalam menegakan aturan, serta dituntut berani mengungkapkan berbagai penyimpangan sesuai fakta. Selain itu, juga dituntut mampu mengembangkan fungsi komunikasi yang baik dengan pihak yang diperiksa, sehingga permasalahan yang ditemui dapat dikenali dan diperbaiki.

Dari tahun ke tahun, Inspektorat selalu melakukan pemeriksaan reguler di SKPD sesuai dengan kewenangannya. Namun, sebagian masyarakat menganggap kualitas hasil pemeriksaan Inspektorat  masih belum memuaskan dan kurang independen. Hal itu terkait dengan kedudukan Inspektorat yang masih di dalam struktur Pemerintah Daerah. “Untuk itu Inspektorat harus melakukan inovasi-inovasi dalam menjalankan pemeriksaannya,” katanya.

Salah satu inovasi dalam pemeriksaan Inspektorat adalah merubah pola atau jenis pemeriksaan komprehensif menjadi pemeriksaan yang lebih terarah dan fokus seperti pemeriksaan terhadap kinerja pelaksanaan program unggulan daerah. “Inspektorat juga harus dapat melayani masyarakat terutama dalam hal menindaklanjuti pengaduan-pengaduan masyarakat terkait dengan pelaksanaan pembangunan di daerah. Dengan begitu, kredibilitas Inspektorat di hadapan masyarakat akan menjadi lebih baik," tandasnya. 

 

Reporter: erik
Sumber  : beritajakarta.com


© 1995 - 2014 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map