Jakarta.go.id
  •  •  English
  •  •  Login
  •  •  Signup
  • Balai Warga 2999

    maulana:

    Yth , maaf sy bertnya , apakah bisa mengurus izin usaha melalui online mohon jawabanny...

    maulana:

    Yth pemda dki , sy mau mengurus izin usaha , harus kemana ???...

    Nori:

    Yth Pak Gubernur, Ke mana bisa melaporkan dengan cepat pelanggaran Perda Larangan Merokok. Banyak te...

    dewi:

    sangat memberatkan persayratan pemasangan baru maupun + daya listrik di jakarta karna IMB samapi 5 j...

    dewi:

    saya sudah tanya pembuatan IMB jakarta pusat kemayoran sebesar diatas 5 juta mohon tinjauannya benar...

  

63 Warga Jaksel Dapat Akta Kelahiran Gratis

Posted: Apr 04, 2011 Category: Jakarta Kini
 

Semakin majunya pelayanan administrasi kependudukan di DKI Jakarta, membuat para ibu yang baru melakukan persalinan tak perlu menunggu lama untuk mendapatkan akta kelahiran bagi anak-anak mereka, karena telah ada pelayanan akta kelahiran keliling seperti yang digelar di Puskesmas Kecamatan, Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu (2/4).

"Pemberian akta kelahiran gratis ini dalam rangka mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Pelayanan akta kelahiran gratis ini tidak dipungut bayaran satu rupiah pun, karena ini bentuk keberpihakan Pemprov DKI kepada ibu-ibu yang baru melahirkan di puskesmas-puskesmas di DKI Jakarta," ujar Warisih, Plh Kasudin Dukcapil Jakarta Selatan yang ditemui di Puskesmas Kecamatan Tebet, Sabtu (2/4)

Sedangkan, untuk anak yang lahir lebih dari 1 tahun, tetapi belum memiliki akta kelahiran maka proses untuk penerbitan akta kelahiran harus dilakukan melalui pengadilan. Dalam rangka menimalisir keterlambatan pembuatan akta kelahiran, pihaknya juga membuat sebuah program jemput bola dengan mengadakan kunjungan ke rumah-rumah agar warga yang sibuk dengan kegiatannya dapat terlayani dengan baik.

Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta, Franky Mangatas Panjaitan, mengatakan pelaksanaan pelayanan akta kelahiran keliling yang diadakan di Puskesmas Kecamatan Tebet ini merupakan bentuk kepedulian Pemprov DKI kepada warganya. "Pemberian akta kelahiran ini tidak ada biaya yang akan dibebankan kepada warga. Akta ini sangat penting bagi seorang anak untuk di kemudian hari, karena dengan akta inilah sang anak akan mendapatkan kartu tanda penduduk yang nantinya tersimpan di basis data Pemprov DKI," katanya

Indahyani (30), mengakui sangat senang dengan adanya pelayanan akta kelahiran gratis ini. "Saya dikasih tahu sama ibu-ibu PKK di tempat tinggal saya, kebetulan saya baru melahirkan anak pertama yang sekarang berusia 1 bulan. Mumpung ada layanan ini saya datang bersama suami," tandasnya.

 
Reporter: dunih /dedi
Sumber : beritajakarta.com


© 1995 - 2014 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map