Jakarta.go.id
  •  •  English
  •  •  Login
  •  •  Signup
  • Balai Warga 2917

    Lady:

    meresahkan masyarakat, saya harapkan bisa menuangkannya dengan segera disini. Saya harapkan perhatia...

    Lady:

    situasi jalanan yang tidak tertib atau MEMBAHAYAKAN pengguna jalan seperti angkutan umum yang ugal2a...

    Lady:

    tidak bisa atau tidak mau membesarkan dengan kerja keras malah ikut menjerumuskan anaknya. Selain it...

    Lady:

    yang lebih muda dibanding saya. Saya sudah menolak secara halus tapi dia masih kokoh menyodorkan top...

    Lady:

    pemalas dan bisa melakukan tindakan kekerasan. Setahun lalu saya pernah dimintai uang receh oleh ana...

  

63 Warga Jaksel Dapat Akta Kelahiran Gratis

Posted: Apr 04, 2011 Category: Jakarta Kini
 

Semakin majunya pelayanan administrasi kependudukan di DKI Jakarta, membuat para ibu yang baru melakukan persalinan tak perlu menunggu lama untuk mendapatkan akta kelahiran bagi anak-anak mereka, karena telah ada pelayanan akta kelahiran keliling seperti yang digelar di Puskesmas Kecamatan, Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu (2/4).

"Pemberian akta kelahiran gratis ini dalam rangka mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Pelayanan akta kelahiran gratis ini tidak dipungut bayaran satu rupiah pun, karena ini bentuk keberpihakan Pemprov DKI kepada ibu-ibu yang baru melahirkan di puskesmas-puskesmas di DKI Jakarta," ujar Warisih, Plh Kasudin Dukcapil Jakarta Selatan yang ditemui di Puskesmas Kecamatan Tebet, Sabtu (2/4)

Sedangkan, untuk anak yang lahir lebih dari 1 tahun, tetapi belum memiliki akta kelahiran maka proses untuk penerbitan akta kelahiran harus dilakukan melalui pengadilan. Dalam rangka menimalisir keterlambatan pembuatan akta kelahiran, pihaknya juga membuat sebuah program jemput bola dengan mengadakan kunjungan ke rumah-rumah agar warga yang sibuk dengan kegiatannya dapat terlayani dengan baik.

Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta, Franky Mangatas Panjaitan, mengatakan pelaksanaan pelayanan akta kelahiran keliling yang diadakan di Puskesmas Kecamatan Tebet ini merupakan bentuk kepedulian Pemprov DKI kepada warganya. "Pemberian akta kelahiran ini tidak ada biaya yang akan dibebankan kepada warga. Akta ini sangat penting bagi seorang anak untuk di kemudian hari, karena dengan akta inilah sang anak akan mendapatkan kartu tanda penduduk yang nantinya tersimpan di basis data Pemprov DKI," katanya

Indahyani (30), mengakui sangat senang dengan adanya pelayanan akta kelahiran gratis ini. "Saya dikasih tahu sama ibu-ibu PKK di tempat tinggal saya, kebetulan saya baru melahirkan anak pertama yang sekarang berusia 1 bulan. Mumpung ada layanan ini saya datang bersama suami," tandasnya.

 
Reporter: dunih /dedi
Sumber : beritajakarta.com


© 1995 - 2014 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map