Jakarta.go.id
  •  •  English
  •  •  Login
  •  •  Signup
  • Balai Warga 2954

    Pury:

    Selamat siang pak, Saya ingin mengurus akte kelahiran saya, usia saya sekarang 22 thn. karena akte s...

    Nadia:

    Yth. Admin Balai Warga, Sehubungan dengan pertanyaan Ibu Anna, mohon info terkait dengan statistik ...

    anna:

    selamat sore pak... adakah peraturan mengenai perlindungan anak di jakarta?.. jika iya.. bisakah pe...

    Nala Jati:

    Hai jakarta.go.id, untuk wilayah RW 3, Kelurahan Petogogan, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selat...

    Handi:

    Mohon agar dokumen Pedoman Lembaga Musyawarah Kelurahan disediakan dalam format yang lebih baik. Saa...

  

Dinas P2B Raih ISO 9001:2008

Posted: Mar 11, 2011 Category: Jakarta Kini
 

Upaya peningkatan mutu pelayanan kepada masyarakat Jakarta di bidang perizinan bangunan oleh Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan (P2B) mendapat apresiasi tinggi dari dunia internasional. Buktinya, Dinas P2B DKI Jakarta meraih penghargaan Sertifikat Manajemen Mutu ISO 9001:2008 dari badan sertifikasi ISO yang berkantor pusat di Jerman, PT Tuv Nord.

Kepala Dinas P2B DKI Jakarta, Hari Sasongko, mengatakan dinasnya telah menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008, agar pelayanan perizinan pembangunan yang dilakukan semakin lebih baik dan transparan.

"Kerja keras yang kami lakukan dalam memberikan pelayanan di bidang perizinan bangunan akhirnya membuahkan hasil," ujar Hari Sasongko, dalam acara Sosialisasi Peraturan Daerah No 7 tahun 2010 tentang Bangunan Gedung dan Penyerahan Sertifikat ISO 9001:2008 di Balaikota DKI, Jakarta, Kamis (10/3).

Selain menerapkan ISO 9001:2008, Hari menegaskan, sekarang P2B sedang mengembangkan diri sebagai lembaga inspeksi dengan menerapkan ISO 17020:1998. Sehingga metode dan standar pengawasan atau inspeksi bangunan dilaksanakan secara komprehensif dengan kualitas yang dapat dipertanggungjawabkan.

Tidak hanya itu, dalam upaya peningkatan pelayanan masyarakat, Dinas P2B juga sudah mulai merintis beberapa pelayanan yang memanfaatkan teknologi informasi. Seperti, pelayanan izin mendirikan bangunan (IMB) di wlayah Jakarta Utara menjadi proyek percontohan dalam membangun sistem pelayanan yang berbasis website hingga tingkat kecamatan. “Sistem ini juga akan diterapkan dalam pelayanan perizinan di wilayah lainnya. Tapi kita mulai dulu di Jakarta Utara,” ujarnya.

Selain itu, saat ini juga telah dibangun website pelayanan sidang Tim Penasehat Teknis Arsitektur Perkotaan dan Bangunan (TPTAPB) yang memudahkan masyarakat untuk mengakses berbagai informasi yang terkait dengan proses konsultasi penilaian rencana bangunan.

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI, Fajar Panjaitan, mengatakan, perolehan sertifikat ini membuktikan Dinas P2B DKI telah melakukan revitalisasi sistem dan prosedur pelayanan dengan menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001 versi 2008.

“Peningkatan pelayanan tersebut telah dirasakan telah memperoleh tanggapan positif dari masyarakat sehingga PT Tuv Nord Indonesia memberikan sertifikasi ISO tersebut kepada Dinas P2B DKI. Pengakuan lembaga internasional atas kinerja dinas ini, di satu sisi tentu merupakan kebanggaan. Namun di sisi lain merupakan tantangan untuk terus memperluas kapasitas dan kualitas pelayanan yang lebih baik lagi,” ungkapnya.

Direktur PT Tuv Nord Indonesia, I Putu Maharta, Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 merupakan sistem yang telah diadopsi negara-negara besar dan diterapkan seluruh organisasi di dunia yang ingin memuaskan pelanggannya.

Putu menjelaskan, Dinas P2B DKI telah menerapkan sistem ini sejak 2004. Kemudian dirinya secara langsung turun untuk mengaudit kinerja mulai dari kepala dinas hingga pejabat paling bawah di tingkat kecamatan. Terlihat, penerapan sistem ini dari tahun ke tahun menjadi lebih baik, bahkan suku dinas di wilayah kotamadya dan tingkat kecamatan telah terkoordinasi melaksanakan sistem tersebut.

 
Reporter: lenny
Sumber : beritajakarta.com


© 1995 - 2014 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map