Jakarta.go.id
  •  •  English
  •  •  Login
  •  •  Signup
  • Balai Warga 3034

    QuamillaRaverla:

    mau tanya dong.. pergub jakarta tentang kenaikan tarif angkutan sudah ada di publish belum ya? teri...

    tedi:

    info ke pada pemda jakarta timur.....di jakarta timur khusus nya di klinik kecamatan Ciracas masih b...

    mochammad:

    Yth Bapak Ahok saya ingin meminta jawaban tentang pengaduan saya ke gubernur dengan nomor agenda 004...

    ancha:

    yth Bp Ahok , saya merupakan pemilik tanah dilokasi waduk Marunda Jakut yg saat ini sedang proses pe...

    Lambok:

    Yth, Pak Gubernur, Mohon informasi perihal pengadaan penyediaan jasa pembersih/pemungut sampah di da...

  

Ayo Wisata ke Jakarta Utara!

Posted: Mar 17, 2011 Category: Jakarta Kini
 

Jakarta Utara berencana untuk gencar mempromosikan pariwisata. Sebelumnya, pada 26 Juli 2009, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara telah mencanangkan 12 jalur destinasi wisata pesisir Jakarta Utara. "Ada 58 objek wisata di Jakarta Utara. Ke-58 objek wisata itu masuk ke 12 jalur destinasi," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jakarta Utara, Grace Mandagi, Rabu (16/3/2011).

Kedua belas jalur tersebut antara lain Kawasan Muara Angke, Kampung Bandan, Kawasan Mangga Dua, Kawasan Pluit, Kawasan Ancol, Kawasan Luar Batang, Kawasan Tanjung Priok, Kawasan Sunda Kelapa, Kawasan Marunda, Jakarta Islamic Center, Kampung Tugu, dan Kawasan Kelapa Gading.

Grace menuturkan objek wisata yang ramai dikunjungi adalah Sunda Kelapa, Museum Bahari, dan Ancol. Sementara itu Bahtera Jaya dan Stasiun KA Tanjung Priok masih belum banyak dikunjungi wisatawan. Walaupun stasiun KA sudah sering menjadi tempat syuting film.

Ia menambahkan setiap tahunnya pasti ada peningkatan tingkat kunjungan wisatawan asing maupun wisatawan nusantara. Meskipun terjadi penumbuhan hanya sedikit. Misalnya seperti di tahun 2008, menurut data BPS, terjadi pertumbuhan kunjungan sebesar 0,34 persen dibanding 2007.

Pada tahun 2008, tingkat kunjungan wisatawan asing mencapai lebih dari 1,2 juta. Sedangkan wisatawan nusantara lebih dari 21 juta. Sarana promosi lainnya adalah dengan mengadakan beberapa acara. Acara-acara tersebut antara lain Pemilihan Abang None Jakarta Utara, Festival Wisata Pesisir, dan Festival Jet Ski. Sementara itu beberapa program acara dari Dinas Pariwisata DKI Jakarta juga akan mengambil tempat di Jakarta Utara. Acara-acara tersebut antara lain Festival Kereta Api, Festival Sunda Kelapa, dan Festival Teluk.

sumber : kompas.com



© 1995 - 2014 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map