Jakarta.go.id
  •  •  English
  •  •  Login
  •  •  Signup
  • Balai Warga 2937

    maharani:

    Mohon maaf apabila terdapat ketidaknyamanan atas sisipan komentar untuk mengisi kuesioner penelitian...

    zeni:

    mohon info, saya ingin menanyakanterkait jika ingin melakukan perubahan ktp persyaratan apa saja yan...

    Yudi:

    Dengan Hormat,saya bekerja di daerah Kawasan industri Pulogadung, Tolong dibantu untuk Siswa / Siswi...

    mutiara:

    Mohon info mengenai prosedur menginap di Hutan Bakau Mangrove Pantai Indah Kapuk. Kemudian apakah bi...

    Muhamad:

    dengan hormat, didaerah jalan pulo harapan indah cengkareng barat, jakarta barat ada tanah pemerinta...

  

Tempat Hiburan di DKI Siap Meriahkan Tahun Baru

Posted: Dec 20, 2010 Category: Jakarta Kini
 

Untuk memeriahkan perayaan malam pergantian tahun baru nanti, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta hingga saat ini setidaknya telah memberikan izin penyelenggaraan perayaan malam tahun baru kepada 50 tempat hiburan di wilayah DKI Jakarta. Diprediksi, hingga H-5 tahun baru, jumlah itu akan terus bertambah hingga mencapai ratusan tempat hiburan yang akan memperoleh izin penyelenggaraan beragam kegiatan perayaan malam tahun baru dari Disparbud DKI Jakarta.

Kepala Disparbud DKI Jakarta, Arie Budhiman mengatakan, setiap menjelang perayaan malam pergantian tahun baru, pihaknya memang rutin mendapatkan pengajuan permohonan izin penyelenggaraan perayaan malam tahun baru yang diajukan berbagai tempat hiburan seperti hotel, restoran kafe dan lain sebagainya. “Setiap tahun jumlahnya selalu bertambah. Ini menunjukan, banyak warga Jakarta yang ingin merayakan malam pergantian tahun baru di luar rumah,” ujar Arie, Minggu (19/12).

Diungkapkan Arie, saat perayaan malam pergantian Tahun Baru 2009 lalu, pihaknya memberikan izin kepada 145 penyelenggara hiburan untuk menyelenggarakan 186 acara. Sedangkan di tahun 2008, pihaknya tercatat hanya memberikan izin kepada 120 tempat hiburan saja.

Jumlah tempat hiburan yang mengajukan permohonan izin, dikatakan Arie, akan terus bertambah hingga H-5 tahun baru. Bahkan, ada pula yang mengajukan izin dua hari sebelum malam pergantian tahun berlangsung. Ditegaskan pula oleh Arie, untuk acara hiburan, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada tempat hiburan yang bakal mengadakan kegiatan tersebut. Namun yang pasti, tambah Arie, pihaknya hanya memberikan waktu minimal mulai pukul 19.00 dan harus berakhir pukul 04.00 untuk acara pergantian malam tahun baru.

“Saya sudah buat surat edarannya mengenai ketentuan waktu pelaksanaan acara hiburan tersebut. Begitu juga penentuan tarif maksimal acara hiburan malam tahun baru di hotel-hotel berbintang empat dan lima. Itu dilakukan agar penentuan harga tiket masuk tidak melebihi tarif yang kami tentukan,” jelasnya.

Adapun tempat hiburan yang telah mengajukan permohonan izin penyelenggaraan acara tahun baru di antaranya, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan  Taman Impian Jaya Ancol. Di Taman Impian Jaya Ancol, pihak penyelenggara akan menggelar berbagai atraksi hiburan yang akan memanjakan masyarakat yang mengunjungi Taman Impian Jaya Ancol saatt malam pergantian tahun baru. Di Pantai Festival misalnya, akan digelar Drive in (menonton film dalam mobil). Para pengunjung, nantinya dapat menikmati pemutaran berbagai filim cerita rakyat, kartun dunia fantasi hingga live musik.

Sementara itu, di Panggung Carnaval Ancol akan disajikan konser musik yang akan menampilkan artis dan band-band papan atas Indonesia seperti, Ungu, ST 12, D’ Bagindas, Sherina dan lain sebagainya. Rencananya, Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo dijadwalkan hadir saat puncak perayaan malam pergantian tahun bari di Pantai Carnaval.

Untuk menjamin keamanan perayaan malam pergantian  tahun baru di tempat-tempat hiburan, Arie menegaskan, Disparbud akan membentuk tim pengawasan khusus. Tim ini, salah satu tugasnya akan mengantisipasi bahaya kebakaran akibat kurang memadainya fasilitas pemadam kebakaran di tempat-tempat penyelenggaraan hiburan. Tim sendiri beranggotakan, Disparbud DKI Jakarta, Satpol PP DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya.

 

Reporter: lenny  | Editor: erik

sumber : beritajakarta.com


© 1995 - 2014 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map