Jakarta.go.id
  •  •  English
  •  •  Login
  •  •  Signup
  • Balai Warga 3027

    bambang:

    halo, alamat untuk pelayanan pendaftaran hak cipta dan SNI merk saya http://pengrajinkarpet.com di d...

    Rizki:

    Salam Persatuan Merdeka!, saya mengucakan selamat atas pelantikan Gebenur DKI Jakarta Bapak Basuki "...

    ismail:

    Yth. Pemprov DKI. kenapa pertanyaan saya mengenai syarat pecah PBB tgl 05-11-2014 belum ada tanggapa...

    firman:

    bendungan di jakarta bernama JEMBATAN. ambil contoh lagi di tendean. Jembatan di samping sekolah. be...

    firman:

    Yth Pak Ahok, saya kira ada banjir di kampung pulo dan rawajati disebabkan karena jembatan. Coba per...

  

RW 13 Cipinangmelayu Jadi Proyek Percontohan

Posted: Dec 21, 2010 Category: Jakarta Kini
 

Kerja keras warga RW 13 Kelurahan Cipinangmelayu, Makasar, Jakarta Timur dalam mendaur ulang sampah menjadi kerajinan tangan dan kompos membuahkan hasil. Wilayah tersebut menjadi proyek percontohan bagi daerah lain dalam pengeolahan sampah dengan dengan pola 3R, Reduce (pengurangan sampah), Reuse (pemanfaatan kembali limbah), Recycle (mendaur ulang sampah).

Senin (20/12), sedikitnya 20 orang rombongan dari Pemerintah Kabupaten Bandung Barat, melakukan studi banding ke RW 13 Cipinangmelayu. Kunjungan ini terkait erat dengan pola penanganan sampah 3R dan program penghijauan yang tengah digalakkan. Mereka tertarik dengan pola tersebut untuk diterapkan di daerahnya.

Ketua RW 13 Cipinangmelayu, Lingga Arifin, yang juga wakil Ketua Forum Masyarakat Peduli Lingkungan (Formapel) Jakarta Timur, mengatakan, sudah sejak empat tahun silam, warganya digerakkan untuk menggalakkan program komposting dan daur ulang sampah. Kegiatan ini digalakkan semata-mata untuk mendukung program Pemprov DKI dalam mewujudkan Jakarta Green and Clean. Saat ini jumlah warganya mencapai 2.200 jiwa yang terdiri dari 506 KK dan tersebar di sembilan RT.

“Program penghijauan ini dilakukan dengan cara swadaya. Warga patungan untuk membeli mesin pencacah sampah dan komposter. Kita juga menggalakkan program daur ulang sampah untuk dijadikan kerajinan tangan. Seluruh hasil karya warga dijual ke umum dan uangnya dimasukkan ke kas RW,” kata Lingga Arifin,

Kerajinan tangan tersebut diantaranya tas, dompet, vas bunga, topi, dan sejumlah benda lainnya. Seluruh hasil kerajinan tangan ini pun mulai dipasarkan di tempat umum. Harganya relatif murah, yakni mulai Rp 50 ribu hingga Rp 300 ribu. Sedangkan kompos, hanya dijual Rp 10 ribu per bungkus dengan ukuran dua kilogram.

Ia juga menyebutkan, rencananya pada tanggal 29 Desember mendatang, akan menerima kunjungan dari rombongan Komisi 1 DPR RI yang berjumlah kurang lebih 100 orang. Kunjungan dalam rangka reses anggota dewan ini juga terkait dengan program 3R dan komposting. Rombongan ini antara lain terdiri dari anggota dewan beserta stafnya, sejumlah pengurus RW di DKI, dan komponen lainnya.

Hal senada ditandaskan Kanawa Rini, Wakil Ketua PKK RW 13 Cipinangmelayu yang juga koordinator pembuat kompos. Menurutnya, seluruh sampah organik warga dijadikan kompos dengan alat yang tersedia. Dalam seminggu pihaknya dapat membuat kompos hingga mencapai 500 kilogram. Untuk mengerjakan kompos ini, ia cukup mengandalkan tiga tenaga kerja.

“Warga juga berkomitmen untuk tidak mengambil sampah dari luar wilayah. Makanya terkadang kita kekurangan bahan baku untuk membuat kompos,” katanya. Dari program tersebut, setidaknya jumlah sampah yang dibuang ke TPA menjadi berkurang sekitar 30-40 persen.

Proses membuat kompos, terang Lingga, sangat mudah. Seluruh sampah oganik seperti bekas sayur mayur atau kulit buah buahan dan daun-daun pohon, dicacah hingga halus dengan menggunakan mesin pencacah. Setelah itu, hasil cacahan itu dicampur dengan cairan bioaktivator, aduk hingga rata dan masukkan ke dalam komposter. Setiap hari, harus dilihat dan jika kering, bisa disiram dengan sedikit air. Dalam tempo seminggu, hasil cacahan itu sudah menjadi kompos yang berkualitas.

Reporter: nurito
Sumber : beritajakarta.com


© 1995 - 2014 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map