Jakarta.go.id
  •  •  English
  •  •  Login
  •  •  Signup
  • Balai Warga 2997

    Nori:

    Yth Pak Gubernur, Ke mana bisa melaporkan dengan cepat pelanggaran Perda Larangan Merokok. Banyak te...

    dewi:

    sangat memberatkan persayratan pemasangan baru maupun + daya listrik di jakarta karna IMB samapi 5 j...

    dewi:

    saya sudah tanya pembuatan IMB jakarta pusat kemayoran sebesar diatas 5 juta mohon tinjauannya benar...

    Agus:

    Yth,Admin" mau nanya Keputusan Gubernur No. 1653 Tahun 2010 Tentang : Pemberian Uang Insentif Ope...

    firman:

    Yth dinas perhubungan, kapan dibetulkan jembatan pejaten barat raya, di depan pejaten village yang l...

  

Puskesmas Pulau Tidung Raih ISO 9001-2008

Posted: Dec 15, 2010 Category: Jakarta Kini
 

Kualitas pelayanan kesehatan kepada warga Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu semakin meningkat. Hal ini dibuktikan dengan diberikannya ISO 9001-2008 kepada Puskesmas Kelurahan Pulau Tidung. Sehingga puskesmas yang sebelumnya adalah puskesmas kelurahan kini ditingkatkan statusnya menjadi puskesmas kecamatan.

Penyerahan ISO ini menjadikan pelayanan di puskesmas tersebut, secara otomatis memiliki standar internasional. Dengan penyerahan ini, Kabupaten Kepulauan Seribu berarti telah memiliki dua puskesmas standar internasional. Karena sebelumnya, Puskesmas Kepulauan Seribu Utara juga telah mendapat sertifikat ISO.

"Sudah menjadi tekat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di ibu kota, termasuk di Kepulauan Seribu. Kalau dulu di Kepulauan Seribu terdapat 1 puskesmas, sekarang ada 2 puskesmas. Dengan adanya puskesmas ini diharapkan warga mendapatkan akses kesehatan yang lebih baik," kata Fauzi Bowo, Gubernur DKI Jakarta, saat penyerahan sertifikat ISO di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Rabu (15/12).

Menurut gubernur, pemberian sertifikat ISO ini menunjukan pengakuan dari lembaga sertifikasi dalam upaya pelayanan kesehatan di Kepulauan Seribu. Sejauh ini, Pemprov DKI selalu berusaha memberikan pelayanan kesehatan dengan semudah dan semurah mungkin, agar masyarakat dapat terlayani dengan baik. "Ini bukti kita memberikan layanan yang terjangkau pada masyarakat, dan pemerintah akan meningkatkan pelayanan kesehatan setiap tahun," janji Fauzi.

Kepala Puskesmas Kepulauan Seribu Selatan, Asbel Bellik, mengungkapkan peningkatan status puskesmas ini tentunya juga dibarengi dengan peningkatan fasilitas yang ada. Seperti pengadaan ruang rawat inap untuk dua pasien yang dilengkapi inkubator, ruang periksa, poliklinik umum dan KIA/KB, kamar obat, layanan imunisasi, ruang persalinan, pelayanan kesehatan masyarakat (Yankesmas), serta ruang perawatan gigi.

Tak hanya fasilitas kesehatan serta perawatan yang terbilang lengkap, tenaga medis juga cukup memadai. Mereka terdiri dari tenaga perawat 23 orang, dokter 8 orang, serta bidan 3 orang. "Seluruh tenaga medis yang ada akan siap melayani selama 24 jam," terang Asbel.

Selain itu, Puskesmas Kepulauan Seribu Selatan juga memiliki sarana penunjang bagi ibu hamil, diantaranya fasilitas USG dan IKG. "Dengan adanya beberapa fasilitas penunjang tersebut, ibu hamil tidak perlu lagi memeriksakan kandungan di darat," ucapnya.

Lurah Pulau Tidung, Bunyamin, mengatakan penambahan fasilitas kesehatan yang terdapat di Puskesmas Pulau Tidung sangat memberikan harapan kepada masyarakat di Kepulauan Seribu Selatan. Karena sebelumnya warga selalu kesulitan apabila ada anggota keluarganya yang menderita sakit yang agak berat. Hal itu dikarenkan puskesmas tidak dapat memberikan pengobatan, jadi terpaksa harus dirujuk ke darat, seperti RSUD Koja, atau rumah sakit lainnya.

"Selama ini jika ada warga yang menderita penyakit berat, mereka harus dirujuk ke darat seperti di RSUD Koja. Padahal kalau dihitung perjalanan dari pulau untuk bisa sampai ke rumah sakit tersebut sekitar kurang lebih 2 jam. Kita berharap dengan adanya penambahan fasilitas tersebut, warga tidak perlu ke darat dan cukup mendapatkan layanan kesehatan di sini," tandasnya.
 

Reporter: didit  | Editor: purwoko

sumber : beritajakarta.com


© 1995 - 2014 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map