Jakarta.go.id
  •  •  English
  •  •  Login
  •  •  Signup
  • Balai Warga 2921

    Hamdi:

    Lapor !!! Kondisi besi penyanggah saluran air di fly over Cawang, Jakarta Timur sangat mengkuatirkan...

    Eddy:

    Dear Pemprov Jakarta. Kami telah memproduksi jus untuk ternak di Gunung Sitoli, Nias dengan bahan da...

    Hary:

    Meminta Lahan Parkir Park And Ride di stasiun dengan tarif yang wajar bukan dengan hitungan perjam k...

    Ali:

    Terima Kasih untuk informasi yang diberikan, saya sebagai Warga Jelambar melihat ada proyek pembangu...

    Lady:

    meresahkan masyarakat, saya harapkan bisa menuangkannya dengan segera disini. Saya harapkan perhatia...

  

4 Sekolah DKI Ikut Lomba Sekolah Sehat Nasional

Posted: Jul 21, 2010 Category: Jakarta Kini
 

Atas prestasinya memenangi Lomba Sekolah Sehat di tingkat provinsi, empat sekolah di DKI Jakarta berhak mengikuti lomba serupa di tingkat nasional. Keempat sekolah tersebut yakni, TK Bhakti Mulia 400 (Jakarta Selatan), SDN 12 Bendunganhilir (Jakarta Pusat), SMPN 30 (Jakarta Utara, dan SMAN 71 (Jakarta Timur). Bahkan, keempatnya masuk dalam kategori enam besar sehingga berpeluang besar untuk menjadi pemenang lomba.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta, Taufik Yudi Mulyanto, mengatakan, keempat sekolah yang menjadi wakil DKI Jakarta dalam Lomba Sekolah Sehat tingkat nasional telah mengikuti berbagai penilaian tentang kesehatan dan pemeliharaan lingkungan sehat secara berjenjang mulai dari tingkat kecamatan, kotamadya, hingga ke tingkat provinsi.

“Dari hasil lomba sekolah sehat tingkat provinsi yang mempertemukan pemenang sekolah sehat tingkat wilayah kotamadya/kabupaten akhirnya memunculkan empat sekolah yang mewakili empat tingkat pendidikan yaitu TK, SD, SMP, dan SMA,” ujar Taufik Yudi, usai mendampingi Tim Penilai Sekolah Sehat Nasional bertemu dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Prijanto, di Balaikota DKI Jakarta, Selasa (20/7).

Hasil lomba sekolah sehat tingkat provinsi tahun ini, kata Taufik Yudi, jauh lebih baik dari hasil lomba serupa di tahun lalu. Sebab, pemenang berasal dari masing-masing wilayah di DKI Jakarta dan relatif menyebar. “Tahun ini, pemenangnya relatif menyebar. Masing-masing sekolah mewakili satu wilayah kotamadya,” ungkapnya.

Bahkan, untuk SMPN 30 di Jakarta Utara memiliki nilai tambah saat menjadi pemenang pertama untuk tingkat SMP. Padahal. Kotamadya Administrasi Jakarta Utara termasuk daerah yang dinilai masih minim dalam penerapan kesehatan dan pemeliharaan lingkungan sehat. Kini, Kotamadya Administrasi Jakarta Utara telah memiliki sekolah yang mempunyai profil bagus di bidang kesehatan dan pemeliharaan lingkungan yang sehat.

Yang lebih menjadi kebanggan lagi, ungkap Taufik, keempat sekolah tersebut kini masuk dalam enam besar lomba. Karena itu, mereka pun mendapatkan kesempatan istimewa yakni, turut serta menghadiri Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus nanti di Istana Negara. Saat itulah, akan diumumkan pemenang juara Lomba Sekolah Sehat tingkat Nasional.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dien Emawati, menerangkan, lomba sekolah sehat merupakan kegiatan untuk mengajak para peserta didik mulai dari TK, SD, SMP, hingga SMA dalam membina lingkungan mereka dengan mengutamakan kesehatan dan pemeliharaan lingkungan. Begitu juga, agar para pelajar ini bisa berperilaku sehat baik di sekolah maupun di rumahnya masing-masing.

“Intinya kita ingin menciptakan suatu lingkungan yang sehat, sehingga anak didik bisa menjadi sehat bukan hanya untuk dirinya sendiri, melainkan ilmu dan pengetahuan tentang kesehatan bisa diterapkan di tengah-tengah keluarga, teman sepermainan dan lingkungannya,” ujar Dien.

Reporter: lenny
Sumber: beritajakarta.com


© 1995 - 2014 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map