Jakarta.go.id
Login  •  Signup

Beranda Ensiklopedi
CARI DI ENSIKLOPEDI

Topik Terkait

 
 

Indonesia Merdeka, Asrama

Share

Asrama untuk pendidikan politik bagi pemuda-pemuda Indonesia yang didirikan oleh Laksamana Muda Tadashi Maeda (pemerintahan pendudukan Jepang). Di dirikan pada bulan Oktober 1944 di Kebon Sirih 80, Jakarta, atas inisiatif kepala perwakilan Kaigun di Jakarta, yakni Laksamana Muda Tadashi Maeda. Asrama Indonesia Merdeka terletak di Jl Bungur Raya 56, sehingga disebut juga Asrama JI. Bungur No. 56. Secara struktur asrama itu menjadi bagian dari perwakilan angkatan laut Jepang di Jakarta. Pendirian asrama itu juga merupakan ungkapan kekecewaan Laksamana Maeda (kepala perwakilan angkatan laut Jepang di Jakarta) terhadap Tokyo.

Tak lama kemudian, sebuah cabang dari asrama ini didirikan di Surabaya. Sebagai ketua asrama, Maeda menunjuk Ahmad Subardjo dengan dibantu oleh Wikono. Kemudian Maeda mengangkat asistennya, Yonegoro Yushizumi dan Shagetada Nishijima, sebagai pengawas. Keduanya bertugas mengamati aspirasi orang-orang nasionalis Indonesia. Maeda juga meminta tokoh-tokoh nasional terkemuka untuk mengajar di sana. Karena tokoh-tokoh nasional Indonesia melihat bahwa kursus-kursus ini dapat dimanfaatkan untuk menanamkan faham kebangsaan dan perjuangan, mereka bersedia memberikan kursus di sana. Mereka ini antara lain Soekarno, Muhammad Hatta, Iwa Kusuma sumantri, Sutan Sjahrir, RP Singgih, J. Latuharhary, Maramis, dan Buntaran. Bentuk pendidikan politik yang dilakukan tidak jauh berbeda dengan apa yang pernah diberikan di asrama Angkatan Baru Indonesia.

Pemuda-pemuda yang mengikuti kursus berasal dari berbagai kalangan, misalnya teman-teman Wikono di Gerindo, teman-teman muda Ahmad Subardjo dan Iwa Kusuma sumantri, dan pemuda-pemuda dari kepulauan Indonesia timur. Pada bulan April 1945, angkatan sekitar 30 orang selesai diberi kursus. Angkatan kedua sebanyak kurang lebih 80 orang mulai dikursus pada bulan Mei 1945, akan tetapi Jepang sudah keburu menyerah kepada Sekutu. Anggota asrama dayang menonjol antara lain Mr. Jusuf dari Indramayu. Sebagian anggota asrama ini kemudian menjadi anggota Barisan Pelopor Istimewa di bawah pimpinan Sudiro.

Hits: 1720

Paling Populer

 
 
© 1995 - 2010 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map