Jakarta.go.id
Login  •  Signup

Beranda Ensiklopedi
CARI DI ENSIKLOPEDI

Topik Terkait

 
 

Hans Jaladara

Share

Seorang komikus terpenting, bernama asli Hans Rianto, kelahiran Yogyakarta 1947 dan besar di Jakarta, anak kedua dari tiga bersaudara keluarga Linggodigdo. Nama Jaladara baru dipakai Hans pada awal 1970an karena ada peniru dengan nama Hanim tanpa huruf S. Jaladara diambil dari tokoh komik wayang karya Ardi Soma, yaitu Wiku Paksi Jaladara. Ayahnya guru bahasa Inggris yang memperkenalkan anak-anaknya dengan sastra, termasuk Shakespeare. Tak heran jika Hans sampai hafal pidato Mark Anthony dalam Julius Caesar. Bakat melukis mungkin juga merupakan warisan leluhur, setidaknya ia masih berkerabat dengan pelukis Samboja. Sejak sekolah dasar, Hans sudah mulai mencorat-coret di mana saja ada kertas kosong.

Kebiasaan membaca, termasuk komik, merangsangnya berimajinasi, merangkai-rangkai cerita. Jika melihat pengemis, ia membayangkannya sebagai orang sakti yang menyamar. Gerak silat dalam komik Hans, sedikit banyak bisa "dipertanggungjawabkan". Setidaknya, pada akhir 1950-an pernah belajar kungfu di perguruan Cheng Bu '(di kawasan Mangga Besar) dan judo pada Tjoa Kek Tiong. Panji Tengkorak adalah salah satu karya Hans Jaladara yang paling populer. Seorang pendekar bertopeng tengkorak mengembara dengan menyeret peti mati. Itulah sosok sang Panji yang pernah menjadi bagian dari dinamika kehidupan remaja di era akhir 1960-an hingga awal 1970-an.

Panji Tengkorak yang terdiri dari lima jilid merupakan masterpiecenya dibanding karyanya yang lain seperti Walet Merah, Si Rase Terbang, atau Dian dan Barna. Popularitas Panji Tengkorak membuatnya difilmkan pada 1971, dengan menampilkan Deddy Sutomo sebagai Panji Tengkorak, dan bintang Taiwan Shan Kuang Ling Fung sebagai Dewi Bunga. Goresan tangannya masih menghiasi majalah Kita, dirnana ia mengasuh rubrik "Mari Menggambar bersama Pak Hans," dan membuat serial komik "Kita dan Tata". Tiga kali seminggu Hans mengajar menggambar di SD, SMP, dan SMU Pelita Harapan.

Hits: 2840
encyclopedia/bbed8ded7d89d9971da32c3e225fe04e
Pandji Tengkorak dipermalukan, salah satu adegan daJam Pandji Tengkorak, komik karya Hans Jaladara

Paling Populer

 
 
© 1995 - 2010 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map