Jakarta.go.id
Login  •  Signup

Beranda Ensiklopedi
CARI DI ENSIKLOPEDI

Topik Terkait

 
 

Bahari, Museum

Share

Museum ini terletak di Jl. Pasar Ikan No. 1 Penjaringan, Jakarta Utara. Berada di tanah bekas gudang penyimpanan rempah-rempah (Westzydsche Pakhuizen) yang dibangun dibelakang tembok Kota Batavia. Dulu masih berupa rawa-rawa dan empang. Sejak awal keberadaannya sampai berakhirnya masa penjajahan Belanda di Indonesia, bangunan ini selalu digunakan sebagai gudang, sehingga sering disebut sebagai Westzijdsch Pakhuizen atau 'gudang barang tepi barat kali'.

Museum Bahari terdiri dari beberapa bangunan dengan tahun pembuatan yang berbeda-beda. Bangunan pertama dibuat pada tahun 1652 dan terakhir dibangun tahun 1774. Pada masa pendudukan Jepang, bangunan ini tetap difungsikan sebagai gudang, begitu pula setelah masa kemerdekaan. Sejak tahun 1962 sampai tahun 1977 bangunan ini tetap sebagai gudang yang dikelola oleh Perumtel. Akhirnya pada tanggal 7 Juli 1977 diserahkan ke pemda DKI Jakarta untuk dijadikan sebagai Museum Bahari.

Museum Bahari merupakan satu-satunya museum di Indonesia yang menyajikan tema spesifik kebaharian. Di dalamnya memiliki kurang lebih 1.670 koleksi dari berbagai aspek kebaharian yang dipamerkan terdiri dari benda warisan alam dan warisan budaya. Koleksi-koleksi seperti perahu tradisional (asli dan model) yang terdapat di Nusantara antara lain perahu Bugis, pinisi, padekawang, miniatur perahu Alut Pasa dari Kalimantan dan kapal perang dari Maluku yang disebut kora-kora. Biota laut, arkeologi laut, perlengkapan nelayan, antropologi dan folklor kenelayaan, sejarah hubungan pelayaran Nusantara dan Belanda, wisata Bahari, matra TNI Angkatan Laut, lukisan para tokoh kebaharian dan informasi penting lainnya tentang kemaritiman. Kemudian dalam rangka pengembangannya, Museum Bahari sering mengadakan kerjasama dengan pihak Kedutaan Besar dan instansi pemerintah yang terkait.

Hits: 1553
encyclopedia/6e8ba7a4febeee1c242ebae60f375a6e
Pintu gerbang Museum Bahari yang terlaetak di Jl. Pasar Ikan 1

Paling Populer

 
 
© 1995 - 2010 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map