Jakarta.go.id
Login  •  Signup

Beranda Ensiklopedi
CARI DI ENSIKLOPEDI

Topik Terkait

 
 

Aki Tirem

Share

Seorang kepala kampung (pangulu) yang ditunjuk sebagai pengaman priuk yang diperdagangkan di tepi Kali Tirem. Ia tinggal di Kampung Warakas bersama isteri dan anak perempuannya yang bernama Larasati. Area Kali Tirem di Tanjung Priok pada abad ke-2 banyak terdapat bajak laut yang merampok priuk di tempat penyimpanannya. Seorang diri Aki Tirem melakukan perlawanan, namun kadang-kadang juga dibantu penduduk setempat. Karena merasa kewalahan ia berpikir bahwa perdagangan priuk tersebut harus dilindungi oleh sebuah kerajaan.

Aki Tirem memiliki nama lain Aki Luhur Mulya, seorang penghulu yang mengepalai kawasan pesisir barat pulau Jawa pada permulaan abad ke-II masehi. Siapa nama aki ini sebenarnya tidak diketahui dengan pasti. Sejak dahulu sudah menjadi tradisi pemberian julukan di Nusantara bahwa nama julukan itu mengacu pada lokasi tempat tinggal orang yang bersangkutan. Aki kemungkinan besar berdiam di tepi Kali Tirem (Kampung Warakas sekarang). Jabatan kepenghuluan Aki Tirem perlu disimak dengan kritis karena mengingat belum ada dalam struktur kerajaan pada masa itu, sangat mungkin kepenghuluan itu bersifat independen. Ia tampaknya menerima jabatan itu dari rakyat yang menghargai atau menghormati ia sebagai seorang yang jago berani berkelahi menghadapi perampok maupun bajak laut.

Dalam riwayat diceritakan bahwa Aki Tirem pernah mengalahkan dan menghalau sekitar 70 bajak laut dibantu beberapa anak buahnya dengan tangan kosong. Ia adalah cikal-bakal sosok jago atau jagoan Betawi yang kemudian lahir pada abad-abad selanjutnya. Kemudian pada tahun 130M, Aki Tirem mendirikan sebuah kerajaan bernama Salakanagara, kerajaan pertama di Jawa. Karena dirinya merasa tidak pantas menjadi raja, kedudukan itu dia percayakan kepada Dewawarman seorang menantunya.

Hits: 3558

Paling Populer

 
 
© 1995 - 2010 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map