Jakarta.go.id
Login  •  Signup

Beranda Ensiklopedi
CARI DI ENSIKLOPEDI

Topik Terkait

 
 

Abadi Soesman

Share

Nama lengkapnya Mochammad Abadi Soesman. Lahir di Solo, 3 Januari 1949. Masa kanak-kanak hingga remaja dihabiskannya di Malang, ikut orang tuanya, dr. Soesman. Belajar memainkan piano klasik sejak berusia lima tahun, lalu memainkan musik secara bebas pada Lim Kok Wa, seorang pianis jazz di Malang, yang kemudian mendirikan Band Varia Nada.

Abadi tampil dalam kelompok band untuk pertama kalinya, bersama saudaranya, pada 1 April 1960 dalam sebuah pertunjukan di Malang. Pada masa itu, kehidupan musik jazz cukup marak. Tercatat ada kelompok band Bhineka Ria, pimpinan pianis dan gitaris Didi Pattirani, dengan pemain lain: Jusmin, Lodi Item (ayah Jopie Item), Dullah Suweileh, Hasan Umar, Max Lipi, Awat Suweileh, dan penyanyi Bob Tutupoli. Kelompok ini menjadi juara satu dalam festival band seluruh Indonesia pada waktu itu.

Dalam sebuah persiapan pertunjukan musik Jack Lemmers di gedung Kenjeran Surabaya, Abadi kecil sempat terkagum-kagum melihat gitar yang dipakai Jack waktu itu. Ketika gitar tersebut tergeletak, Abadi tergerak memegangnya. Tapi, belum sempat menyentuh dia dikagetkan oleh bentakan Jack ditambah dengan matanya yang melotot. Kelak, setelah sekian tahun Jack Lemmers yang kemudian menjadi Jack Lesmana itu menjadi salah seorang gurunya.

Abadi Soesman bergabung dengan Jack Lesmana Combo, lalu ikut dalam beberapa pertunjukan, mengiringi rekaman Margie Segers, Rien Djamain, dan Broery Pesulima. Jack Lesmana kemudian pindah ke Australia - acara perpisahannya dirayakan dengan konser Farewell Jazz Party di Taman Ismail Marzuki, Jakarta pada awal tahun 1980-an, yang menampilkan semua tokoh dan grup jazz Indonesia. Sepeninggal Jack Lesmana, Abadi sempat membentuk Trio ABC (singkatan dari Abadi Soesman, Benny Likumahua, dan Candra Darusman). Trio ini pernah menyelenggarakan pertunjukan di Taman Ismail Marzuki.

Pada awal 1980-an terbentuk Abadi Soesman Big Band dengan anggota Abadi Soesman (keyboard), Benny Likumahua (bass), Dullah Suweileh (perkusi), Romi (drums), serta Marwan, Lunggo, Didiet, dan Narso (brass and reed section). Kelompok ini membuat rekaman bergaya jazz dengan produser Atlantic Record, tapi tidak diedarkan. Abadi Soesman pernah pula bergabung dengan kelompok The Pro's dan God Bless. Dia juga pernah aktif sebagai pengurus Perhimpunan Jazz Indonesia. Abadi pernah mencetuskan Beatle's Mania, bersama Bharata Band yang kemudian menjadi trend di panggung pertunjukan berbagai kota di Indonesia

Hits: 6558
encyclopedia/1c764c170217bf3ca580fa9aed09f481
Abadi Soesman

Paling Populer

 
 
© 1995 - 2010 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map