Jakarta.go.id
Login  •  Signup

Beranda Ensiklopedi
CARI DI ENSIKLOPEDI

Topik Terkait

 
 

Adnan Kapau Gani

Share

Aktifis di bidang film dan juga politik. Lahir tanggal 16 September 1905, di Kampung Palembajan, 40 km sebelah barat Bukit Tinggi, anak dari seorang Guru. Pendidikannya dimulai SD di Bukit Tinggi, kemudian ke Sekolah Menengah Umum di Jakarta dan melanjutkan ke Fakultas Kedokteran di Jakarta. Ketika masyarakat Indonesia tahun 40-an sedang memperdebatkan, apakah film dan bermain film itu baik bagi masyarakat terpelajar, ia sudah terjun ke dunia film. Bersama Djoewarijah, Gani membintangi Asmara Moerni produksi The Union Film Coy dengan sutradara Rd. Aritin (1940), yang membangkitkan celaan banyak orang. Mereka berpendapat, film adalah suatu hal yang kurang baik dan kurang sopan, lebih-lebih bagi tokoh pergerakan seperti A.K. Gani, sebagai tokoh kepemudaan. Dia giat di dalam Jong Java, Jong Islamiten Bond, Jong Sumatera, Indonesia Muda. Di tahun 1928 merupakan seorang tokoh "Sumpah Pemuda".

Di dalam pergerakan politik, ia aktif di Partindo, Gerindo, GAPI, PNI sebagai ketuanya tahun 1947. Tahun 1945-1954 menjadi Komisaris PNI untuk Propinsi Sumatera Selatan dan anggota dari Dewan Eksekutif Pusat PNI di Jakarta. Dalam pemerintahan pernah menjadi Komisaris Keresidenan Palembang, Anggota Delegasi Indonesia dalam Perjanjian Linggarjati. Dalam masa revolusi, pernah beberapa kali menjadi menteri, antara lain Menteri Perekonomian RI dalam Kabinet Syahrir yang ke III dan IV Bulan Juni 1947 menjadi Wakil Perdana Menteri, dan Februari 1948 Menteri Perekonomian dalam Kabinet Amir Syarifudin, Ketua Delegasi RI ke UNO International Trade And Employment Conference di Havana, Menteri Perhubungan Kabinet Ali Sastroamijoyo dan lain-lainnya. Ia merupakan Menteri Kabinet Indonesia yang pertama dipenjarakan ketika Belanda memulai Agresinya I. Pada awal masa Kemerdekaan, Gani diangkat sebagai Gubernur Militer Sumatera Selatan dan ditugaskan membentuk TRI (Tentara Republik Indonesia) untuk seluruh Sumatera.

Tahun 1954-1968 menjadi tokoh dan pemimpin terkemuka di Sumatera Selatan, jadi Ketua Dewan Kurater Universitas Negeri di Palembang (sekarang Universitas Sriwijaya); Ketua Dewan Perwakilan Rakyat dan Anggota MPRS; dan Ketua Front Nasional dan PNI Sumatera Selatan. Meninggal 23 Desember 1968, di RS Charitas setelah menderita sakit dan dikebumikan di Makam Pahlawan Siguntang Palembang.

Hits: 4368
encyclopedia/0226446dec7af98ddd3942f3cbc7bcc8
Adnan Kapau Gani

Paling Populer

 
 
© 1995 - 2010 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map