Jakarta.go.id
Login  •  Signup

Beranda Ensiklopedi
CARI DI ENSIKLOPEDI

Topik Terkait

 
 

78, Sekolah Menengah Atas Negeri

Share

Biodata Sekolah

Alamat

:

Jl. Bhakti IV/1 Komplek Pajak Kebun Jeruk

   

Kemanggisan Jakarta Barat 11480

Telepon dan Fax

:

+62215482914

Website

:

www.sman78-jkt.sch.id

Email

:

info@sman78-jkt.sch.id , humas78@gmail.com

SEJARAH SEKOLAH
SMAN 78 adalah salah satu pilihan orangtua dan siswa untuk belajar, mereka beralasan dengan kondisinya yang sangat kondusif. Sebagai sekolah favorit terbukti dengan prestasinya yang menonjol baik pada bidang akademik maupun non akademik. Untuk pertama kalinya Indonesia mengirimkan utusan pada Olimpiade Fisika Internasional tahun 1993 dan merupakan wakil dari siswa SMA 78, yaitu Oky Gunawan. Sejak saat itu prestasi sekolah terus bertahan dan dikembangkan pada seluruh elemen sekolah, termasuk guru dan pegawai.
 

Pada Tahun 2002, SMA Negeri 78 menerapkan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) atas inisiatif sendiri. Dengan pelaksanaan mandiri KBK di sekolah, pimpinan dan guru berupaya melaksanakan model pebelajaran yang kreatif, aktif, dan memaksimalkan pemberdayaan siswa dalam aktifitas pembelajaran, pada Tahun 2005 ditetapkan sebagai Sekolah Nasional Plus/Internasional, membuka kelas internasional yang berafiliasi dengan UCIE sejak tahun 2006 bersamaan dengan penetapan sebagai RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional).


sman 78 kelasMulai tahun 2007 menerapkan sistem kredit semester (SKS) dengan sistem belajar Subject Based Classroom dan berbasis ICT. Sejak tahun 2008 menjadi penyelenggara ujian internasional dari UCIE (University of Cambrridge International Examination) dengan ID 103.

VISI SEKOLAH
Menjadi Sekolah Berprestasi, Berkarakter, Religius, dan Berwawasan Lingkungan

MISI SEKOLAH
SMAN 78 melaksanakan Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang diperkaya dengan standar internasional (University of Cambridge International Examination); Melaksanakan program peningkatan kompetensi siswa di bidang akademik dan non akademik yang dapat bersaing di tingkat nasional dan internasional; Melaksanakan program peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan); Melaksanakan program kerjasama dan kemitraan dengan intitusi pendidikan, pemerintah, usaha, dan industri; Melaksanakan pengelolaan layanan pendidikan sesuai standar mutu ISO 9001 dan 14001; Melaksanakan pendidikan karakter agar terwujud lulusan yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia dan Melaksanakan program pengembangan sekolah ramah sosial dan ramah lingkungan.

KEBIJAKAN MUTU
SMAN 78 berkomitmen untuk melaksanakan penerapan Manajemen Mutu ISO 9001: 2008 secara konsisten; Berusaha memuaskan semua stake holder sekolah dengan meningkatkan mutu layanan pendidikan secara terus menerus dan Menghasilkan lulusan yang memiliki kempetensi sesuai bidangnya, berdaya saing global, dan berakhlak mulia.
Tahapan Pencapaian Visi Setiap Tahun
Periode Tahun 2010 - 2011 Menjadi Sekolah Bertaraf Internasional (SBI); Periode Tahun 2011 - 2012 Menjadi SBI rujukan di DKI Jakarta dan Bodetabek Periode Tahun 2012 - 2013 dan Menjadi SBI rujukan di tingkat Nasional Periode Tahun 2013 - 2014
Mencapai Standar Mutu Internasional yang siap bersaing di tingkat ASEAN.

KURIKULUM
Menerapkan sistem kredit semester (SKS) dengan beban belajar minimal 116 sks dalam KTSP G-78, dirancang agar siswa mampu mengembangkan prestasi sesuai dengan potensi, kebutuhan, dan kecepatan belajarnya. Standar isi diperkaya dengan standar As/A Level dari UCIE (University of Cambridge International Examination) agar siswa siap dan mampu menempuh ujian IGCSE dan As/A Level.
Pelaksanaan SKS memungkinkan siswa mengatur masa studi secara mandiri sesuai dengan potensi, kebutuhan, dan kecepatan belajarnya. Masa studi paling cepat adalah empat semester atau dua tahun bagi siswa dengan kecerdasan istimewa. Sedangkan masa studi paling lama adalah 10 semester atau lima tahun.
Program layanan yang dilaksanakan terdiri dari: Kelas Internasional dengan sertifikasi UCIE , Kelas reguler RSBI (bilingual), dan Kelas Siswa Cerdas Istimewa (SCI).
Penilaian menggunakan KKM minimal 76 untuk semua mata pelajaran program IPA maupun IPS. Siswa kelas internasional wajib mengikuti IGSE dan As Level serta ujian nasional (UN), sedangan siswa RSBI dan SCI wajib UN dan dapat mengikuti ujian IGCSE dan As/A Level.
Tersedia pilihan mata pelajaran muatan lokal, yaitu PLHKJ, sinematografi, robotika, dan desain grafis. Sedangkan mata pelajaran bahasa asing terdiri dari bahasa Arab dan Mandarin. Pembelajaran dilakukan di kelas, ruang laboratorium, perpustakaan digital, taman pintar dan fasilitar belajar lain dengan akses luas dan mudah. Rombongan belajar dikelola oleh wali kelas dan bimbingan akademik siswa dibantu oleh pembimbing akademik (PA).
Struktur Kurikulum terdiri dari: Mata Pelajaran, Muatan Lokal, dan Pengembangan Diri dengan rincian sebagai berikut:


Mata Pelajaran

  1. Pendidikan Agama: 6 sks
  2. Pendidikan Kewarganegaraan: 6 sks
  3. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan: 4 sks
  4. Seni Budaya: 4 sks
  5. Teknologi Informasi dan Komuniasi: 4 sks
  6. Bahasa Asing (Arab atau Mandarin): 4 sks
  7. Sejarah Umum: 3 sks
  8. Bahasa Indonesia: 10 sks
  9. Bahasa Inggris: 10 sks


Program IPA

  1. Fisika: 12 sks
  2. Kimia: 12 sks
  3. Biologi: 12 sks
  4. Matemtika IPA: 2 sks
  5. Ekonomi: 2 sks
  6. Geografi: 2 sks
  7. Sosiologi: 2 sks


Program IPS

  1. Fisika: 2 sks
  2. Kimia: 2 sks
  3. Biologi: 2 sks
  4. Sejarah IPS: 4 sks
  5. Ekonomi: 12 sks
  6. Sosiologi: 12 sks
  7. Geografi: 10 sks


Muatan Lokal (Pilihan)

  1. Pendidikan Lingkungan Hidup Kota Jaakarta: 2 sks
  2. Sinematografi: 2 sks
  3. Robotika: 2 sks
  4. Desain Grafis: 2 sks


KRITERIA KELULUSAN
Lulus Mata Pelajaran: Bersikap baik, kehadiran mencapai 90%, dan mencapai KKM 76; Lulus SMA: Bersikap baik, menyelesaikan beban belajar 118 sks, lulus ujian sekolah, dan lulus ujian nasional serta Dapat mengikuti ujian internasional IGSE dan A/As Level dengan syarat dan ketentuan tertentu.


KRITERIAN PENJURUSAN
Penjurusan dilakukan di semester dua atau tiga. Siswa yang memenuhi persyaratan di semester satu penjurusan mulai dari semester dua. Untuk penjurusan siswa berdasarkan pada: potensi (hasil psikotes), minat dan kebutuhan (hasil inventori data), dan kemampuan (hasil akademik semester 1).
Syarat akademik untuk kelas IPA: lulus fisika 1, kimia 1, dan biologi 1; Syarat akademik untuk kelas IPS: lulus ekonomi 1, sosiologi 1, dan geografi 1.


KRITERIA SISWA CERDAS ISTIMEWA
Riwayat hasil belajar istimewa sejak SD (dokumen rapor); Memiliki kecerdasan istimewa secara konsisten (Data psikotes sejak awal); Memiliki komitmen tugas tinggi, motivasi tinggi, kemandirian tinggi, dan lain-lain (data Psikotes) serta Indeks Prestasi semester satu sekurang-kurangnya 8.5; Siswa cerdas istimewa dapat memilih beban maksimum 34 sks dengan pembelajaran khusus.


SARANA DAN PRASARANA

sman 78 labDengan lahan yang luasnya 10800 are, tersedia ; 30 ruang belajar berbasis ICT dan ber-AC, Laboratorium: Fisika, Kimia, Biologi, TIK, Bahasa, Seni, dan IPS, Perpustakaan digital,  lapangan olah raga: voly, basket, footsal, tenis meja, dan badminton, Ruang serbaguna dan multimedia, Masjid dan area parkir (motor dan mobil), sarana Wifi dan Hotspot seluruh area, Greenhouse, Ruang kegiatan siswa (OSIS, UKS) dan kantin.

PROGRAM SEKOLAH
A. Program Kerja Wakil Bidang Kesiswaan adalah:

  • Penerimaan siswa baru
  • Pembinaan kesiswaan (ada 10 bidang)
  • Kegiatan ekstrakurikuler
  • Layanan bimbingan dan konseling
  • Pembinaan prestasi unggulan
  • Pelacakan alumni


B. Program Kerja Wakil Bidang Akademik adalah :

  • Penyusunan dan pengembangan KTSP dan Kalender akademik
  • Proses pembelajaran
  • Penilaian hasil belajar
  • Pendayagunaan pendidik
  • Pengangkatan PTK baru
  • Peningkatan kompetensi SDM PTK
  • Pengembangan RSBI


C. Program Kerja Wakil Bidang Sarana Prasarana adalah:

  • Perencanaan sarana dan prasarana belajari. Sarana belajar terdiri dari: perabot, perkakas, alat, media, buku dan sumber belajar ,Prasarana belajar terdiri dari: ruang belajar, ruang lab, ruang perpustakaan, ruang pimpinan, ruang administrasi, tempat ibadah, tempat olahraga, taman, dan prasarana lainnya.
  • Pengelolaan sarana dan prasarana belajar
  • Perencanaan keuangan dan pembiayaan
  • Pengelolaan keuangan dan pembiayaan


D. Program Kerja Wakil Bidang Humas adalah:

  • Kerjasama dan kemitraan dengan sekolah lain, perguruan tinggi, instansi pemerintah, serta dunia usaha/industry
  • peran serta masyarakat dan pemberdayaan alumni
  • Pengembangan kultur sekolah
  • Pemberdayaan budaya dan lingkungan
  • Publikasi dan informasi

Prestasi Sekolah Tahun 2013- 2014

  1. Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional    Nasional    2014
  2. Juara 1 Sekolah Adiwiyata    Propinsi    2013
  3.  Seleksi Nasional Tim Olimpiade Fisika Indonesia (Ramadiansyah)    Nasional    2013
  4. Seleksi Nasional Tim Olimpiade Biologi Indonesia (M Farhan Maruli)    Nasional    2013
  5. Peserta Olimpiade Biologi Internasional di Swiss (M. Farhan Maruli)    Internasional    2013
  6. Medali Emas OSN Biologi (M. Farhan Maruli)    Nasional    2013
  7. Medali Perak IBO di Swiss (M. Farhan Maruli)    Internasional    2013
  8. Juara I Sekolah Adiwiyata    Propinsi    2013

PARTNERSHIP

  1. SMA Negeri 2 Prabumulih Sumatera Selatan    Kurikulum dan Pengelolaan    Pengembangan RSBI dan Share Informasi pelaksanaan Sistem Kredit Semester (SKS)
  2. SMA Negeri 2 Lumajang Jawa Timur    Kurikulum dan Kesiswaan    Pengembangan KTSP dengan sistem kredit semester, adopsi dan adaptasi kurikulum internasional, serta pertukaran pelajar di masing-masing sekolah
  3. SMA Negeri 1 Karawang    Kurikulum    Pelaksanaan ujian internasional IGCSE dan A/As Level
  4. SMA Negeri 2 Pontianak    Kurikulum dan Penilaian    Pelaksanaan ujian internasional IGCSE dan A/As Level
  5. BINUS University    Kurikulum    Pengembangan kurikulum Muatan Lokal Robotika dan Desain Grafis
  6. SMA Negeri 28 Jakarta    Kurikulum dan Penilaian    Asistensi penyelenggaraan program kelas internasional dan Plaksanaan ujian internasional IGCSE dan A/As Level
  7. SMA Negeri 3 Jakarta    Kurikulum dan Penilaian    Asistensi penyelenggaraan program kelas internasional dan Plaksanaan ujian internasional IGCSE dan A/As Level
  8. 8.SMA Negeri 13 Jakarta    Kurikulum dan Penilaian    Pelaksanaan ujian internasional IGCSE dan As/A Level
  9. 9.Institut Pertanian Bogor    Sarana Prasarana    Pengembangan Sekolah ramah lingkungan menuju Sekolah Adiwiyata (dalam proses)
  10. 10.Bank Muamalat    Kurikulum    Pengemmbangan konten mata pelajaran ekonomi syariah (dalam proses)
  11. 11.SMA Negeri 17 Palembang    Kurikulum dan Penilaian    Pelaksanaan ujian internasional IGCSE dan A/As Level
  12. 12.SMA Negeri 3 Meraoke    Kurikulum    Pengembangan KTSP dengan Sistem Kredit Semester (SKS)
  13. 13.BANK MANDIRI    Jasa Keuangan    Pembayaran IRB dan IPDB
  14. 14.BINUS University    Pengembangan Sumber Daya    Pelatihan Bahasa Inggris untuk guru "Classroom Language Teacher Training"
Hits: 7412
encyclopedia/c798c7370f013fa3654bc4a5adb91050

Paling Populer

 
 
© 1995 - 2010 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map