Jakarta.go.id
Login  •  Signup

Beranda Ensiklopedi
CARI DI ENSIKLOPEDI

Topik Terkait

 
 

Blok P Walikota Jakarta Selatan, Hutan Kota

Share

 

Hutan Kota Blok P Walikota Jakarta Selatan

 

Luas

16.400 M2

Fasilitas

Jogging track, bangku taman, terapi refleksi.

Data per 2014

Berada di wilayah Kelurahan Petogogan Kecamatan Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Awalnya hutan kota ini merupakan salah satu dari wilayah Tempat Pemakaman Umum (TPU) Blok P yang termasuk kedalam bagian dari rancangan Kota Baru atau Kota Taman Kebayoran Baru,  yang telah berdiri sejak tahun 1948.

Bersamaan dengan pembangunan kawasan kantor Walikotamadya Jakarta Selatan, dan Hutan Kota Blok P Walikota Jakarta Selatan ini turut dibangun. Peresmian kawasan kantor Walikota Jakarta Selatan itu sendiri diresmikan oleh Gubernur Sutiyoso pada tanggal 19 Maret 2003. Namun terjadi pro dan kontra terhadap pembangunan kawasan kantor ini saat itu, karena dianggap akan menyita ruang terbuka hijau yang ada sebelumnya, tetapi disisi lain dibutuhkan ruang bagi penyedia layanan masyarakat.

Di tengah Hutan kota Blok P terdapat waduk yang diharapkan dapat membantu mengendalikan air yang datang di musim penghujan, sehingga dapat mengendalikan air yang masuk ke wilayah Petogogan.  Hutan kota ini sendiri berada di sekitar waduk tersebut, didalamnya tumbuh beberapa jenis pohon seperti pohon mahoni, pohon mangga, pohon sawo kecik, pohon sukun, pohon melinjo, pohon pete cina, pohon jambu bol, pohon ketapang, pohon buni, pohon daun salam, pohon akasia, pohon jati dan lainnya.

Sebelum masuk ke Hutan Kota Blok P disisi sebelah  kiri terdapat sangkar burung besar. Hutan kota ini jarang digunakan oleh warga, karena kebanyakan pada hari kerja digunakan oleh pihak Kantor Walikota Jakarta Selatan untuk berolahraga.  Kecuali pada akhir pekan, warga yang akan masuk juga diharapkan untuk ijin terlebih dahulu sebelum ke lokasi Hutan Kota Blok P ini, ke pos keamanaan kantor Walikota Jakarta Selatan.

Pada sisi sebelah timur Hutan Kota Blok P, terdapat makam Ade Irma Suryani. Salah satu korban pada peristiwa G30S tahun 1965. Ade Irma Suryani adalah anak dari Jenderal Besar Abdul Haris Nasution. Sedangkan disisi sebelah barat terdapat lapangan tenis dan lapangan basket milik Pemprov DKI Jakarta.  Sedangkan di dekat jalan masuk ke waduk, terdapat area terapy reflexy kaki bagi para pengunjung.

Hits: 2217

Paling Populer

 
 
© 1995 - 2010 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map