Jakarta.go.id
Login  •  Signup

Beranda Ensiklopedi
CARI DI ENSIKLOPEDI

Topik Terkait

 
 

Setu Babakan

Share

Setu Babakan berlokasi di wilayah Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa Jakarta Selatan. Kawasan ini merupakan objek wisata budaya yang sangat menarik berupa Perkampungan Budaya Betawi, dan oleh pemerintah DKI Jakarta dijadikan Cagar Budaya Betawi yang menyimpan keistimewaan, khususnya bagi warga Jakarta untuk melihat dari dekat berbagai kesenian dan budaya betawi yang ada hingga saat ini.

Pusat Budaya Betawi Setu Babakan menyimpan potensi bagi generasi muda untuk mengenal berbagai peninggalan berupa seni dan budaya yang hingga saat ini tetap dilestarikan, salah satunya adalah pencak silat betawi. Seperti suku-suku lainnya di Tanah Air, seni dan budaya merupakan warisan leluhur mereka yang diturunkan bagi generasi selanjutnya untuk dilestarikan, begitu pula dengan Suku Betawi juga tidak ketinggalan ikut serta dalam melestarikan budaya mereka khususnya di tanah Kelahirannya.

Pusat Budaya Betawi Setu Babakan menunjukkan bahwa pemerintah khususnya DKI Jakarta sangat peduli dengan akar budaya betawi agar tetap dikenal dan dilestarikan di tengah-tengah pembangunan kota dan kesibukan warganya. Bangunan khas betawi yang unik juga ada di kawasan ini, saat ini terdapat 75 bangunan di tanah seluas 289 Ha yang menunjukkan nuansa dan ciri khas Betawi.

Selain itu bagi pengunjung dapat menikmati sajian tarian dan kesenian melalui sebuah panggung yang memperagakan berbagai kesenian khas betawi yang biasanya dilaksanakan pada hari libur oleh penari-penari cilik di kawasan konservasi budaya betawi ini antara lain kesenian tari, musik tanjidor, ondel-ondel, lenong, gambang kromong dan juga pencak silat seni. Iringan lainnya yang juga bisa digunakan ialah gambang kromong, gamelan topeng dan lain-lain.

Yang tidak kalah menarik dari lokasi ini adalah Wisata Air. Keberadaan Setu Babakan bisa juga dijadikan tempat memancing yang seru. Untuk yang ingin menikmati Setu Babakan di atas air, pihak pengelola menediakan sepeda air dengan tarif Rp. 8000,-/jam.

Pada hari minggu kawasan Cagar Budaya Betawi Setu Babakan dipenuhi pengunjung. Untuk pengendara sepeda motor hanya dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 1000,-. Kendaraan juga dapat diparkir di tepian danau (setu) sambil menikmati pemandangan yang indah dan menikmati aneka jajanan di warung-warung maupun abang-abang pikul yang menjual aneka makanan khas betawi seperti kerak telor, cendol, hingga makanan lainnya.


Sumber: www.silatbeksi.blogspot.com

Foto : www.pkab.wordpress.com

Hits: 2949
encyclopedia/5c8dead88ff13b5ef4d10bf76ec9c04a

Paling Populer

 
 
© 1995 - 2010 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map