Jakarta.go.id
Login  •  Signup

Beranda Ensiklopedi
CARI DI ENSIKLOPEDI

Topik Terkait

 
 

Zapin

Share

Jenis tari ketangkasan dan kelincahan gerak yang indah dan berirama. Pada awalnya tarian ini hidup di kalangan santri, terutama sebagai pengisi waktu senggang mereka setelah selesai belajar ilmu agama dan melaksanakan pekerjaan sehari-hari. Melihat gerak dan komposisinya, maka dapat diduga tarian ini merupakan penyesuaian tari-tari kepahlawanan dari Timur Tengah, dan masuk ke Indonesia bersamaan dengan awal pengembangan agama Islam.

Tari Zapin merupakan ragam seni tari yang berkembang di daerah Betawi. Artinya Tari Zapin sendiri merupakan tari langkah yang tidak banyak [removed][removed] mempergunakan gerakan tangan ataupun anggota tubuh lainnya. Biasanya Tari Zapin hanya dibawakan oleh dua orang lelaki yang mengambil tempat di tengah-tengah lingkaran musik yang mengiringnya. Tarian Zapin tidak membawa tema cerita atau lukisan tertentu dan mempunyai susunan gerakan yang pasti.

Musik pengiring tarian ialah Rebana Zapin atau Orkes Gambus. Jika dilihat dari segi fungsinya, Tari Zapin dikelompokkan ke dalam tarian pergaulan dan dalam penampilannya tidak ada jarak antara penari dan penonton. Penonton bebas untuk tampil di arena sebagai penari. Tari Zapin telah berkembang sedemikian rupa, dan banyak dipengaruhi oleh seni tari setempat. Umumnya dikembangkan oleh masyarakat dari rumpun bangsa Melayu, misalnya di Bengkalis, Siak, Pekanbaru, di Riau. Kemudian juga di Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Betawi (Jakarta).

Gerakan tari terutama ditekankan pada kelincahan rentak kaki, dan kelenturan tubuh melakukan gerak berputar, maju mundur dengan cepat. Keharmonisan tari ini terlihat jika ditarikan secara berpasangan, atau oleh beberapa orang penari yang bergerak serentak, demikian cepat, lincah sehingga mendebarkan hati yang melihat. Pada dasarnya hanya dibawakan oleh penari pria, dengan mengandalkan irama rentak kaki dan jentikan jari tangan. Tetapi pada masa kini sering pula ditarikan oleh penari puteri berpakaian muslim, tanpa kehilangan kelincahannya. Ragamnya yang cukup banyak menunjukkan bahwa tari ini cukup diminati. Hanya saja tari ini jarang dipertontonkan sebagai hiburan di tempat-tempat umum.

Hits: 2963
encyclopedia/03beae96ccd0b187e8149de336959e51
Tari Zapin yang sangat dipengaruhi tradisi Timur Tengah

Paling Populer

 
 
© 1995 - 2010 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map