Jakarta.go.id
Login  •  Signup

Beranda Ensiklopedi
CARI DI ENSIKLOPEDI

Topik Terkait

 
 

De Groote Zuiderweg

Share

Salah satu jalan besar tertua yang dibangun Batavia pada abad ke-18 di luar tembok kota. De Groote Zuiderweg, berarti "Jalan Raya ke Selatan" dan disebut juga Great Southern Road. Mencakup JI. Gunung Sahari yang merupakan jalan pintas ke selatan. Melewati Senen, Kramat, Salemba, dan Meester Comelis sebelum sampai ke Buitenzorg (Bogor). Semula jalan ini hanya menjangkau sebelah utara persimpangan dengan Jacatraweg tempat VOC membangun sebuah benteng kecil di abad ke-17. Kemudian berkembang menjadi jalan pintas de Groote Zuiderweg (Great Southern Road). Pada jalan tersebut apabila ditelusuri sampai sesudah jalan layang kereta api, dalam suatu lorong sempit di sebelah kanan tampaklah sebuah kuburan serupa langgar, yang dianggap sebagai kuburan Raden Kartadria.

Di sisi barat Gunung Sahari, pada tahun 1736 Frederik Julius Coyett, seorang anggota  Dewan Hindia, mendirikan sebuah rumah peristirahatan dalam taman luas di luar Kota Tahun 1808 Daendels tiba di Batavia, ia lebih suka tinggal di rumah besar di Gunung Sahari yakni dalam gedung Topografi daripada harus menyeesaikan urusan pemerintahan.

Pada pertengahan kedua abad ke-19, Gunung Sahari merupakan daerah pemukiman. Terdapat di ujung selatan yang meliputi sebelah utara Pintu Besi dan antara Pintu Besi dengan Schoolweg. Sekarang dikenal dengan nama JI. Gunung Sahari. Infrastruktur jalan ini dibangun pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal Herman Wiliem Daendels untuk mendukung pengembangan daerah Weltevreden yang sebelumnya bernama Paviljoenvelds.

Hits: 1430

Paling Populer

 
 
© 1995 - 2010 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map