Jakarta.go.id
Login  •  Signup

Beranda Ensiklopedi
CARI DI ENSIKLOPEDI

Topik Terkait

 
 

Kartini, RA

Share

Pahlawan kemerdekaan nasional. Lahir di Jepara, Jawa Tengah, 21 April 1879 dan meninggal 17 September 1904. Ia hanya sempat bersekolah sampai Sekolah Dasar. Keinginan untuk melanjutkan sekolah yang lebih tinggi tidak diizinkan orang tuanya. Sesuai dengan adat-istiadat yang berlaku pada waktu itu, setelah menamatkan SD, seorang anak gadis harus menjalani masa pingitan sampai tiba saat untuk menikah. Namun Kartini banyak bergaul dengan orang-orang terpelajar. Kegemaran membaca buku, terutama buku-buku mengenai kemajuan wanita di luar negeri, menyebabkan pikirannya terbuka. Rasa sedih melihat keadaan wanita bangsanya mulai timbul. Mereka jauh tertinggal dibandingkan dengan wanita luar negeri terutama wanita Eropah. Sejak saat itu, timbul keinginannya untuk berjuang memajukan wanita Indonesia melalui pendidikan.

Ia banyak menulis surat kepada teman-temannya orang Belanda, yang ungkapkan cita-citanya yang menginginkan adanya persamaan hak dan kewajiban antara kaum wanita dan pria. Ia sendiri ingin memasuki Sekolah Guru di Negeri Belanda, agar kelak menjadi pendidik. Usaha untuk memperoleh beasiswa dari Pemerintah Belanda berhasil, tapi pada saat itu orang tuanya menentukan ia harus menikah dengan Raden Adipati Joyodiningrat, Bupati Rembang.

Sebelum itu, sudah berhasil mendirikan sekolah untuk anak gadis di Jepara dan mengajarkan pelajaran menjahit, menyulam, memasak, dll tanpa dipungut bayaran.

Setelah menikah, sekolah serupa didirikan di Rembang. Apa yang dilakukan Kartini, kemudian ditiru oleh wanita di tempat lain, seperti di Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Malang, Madiun, Cirebon, dll bermunculan "Sekolah Kartini". Surat-suratnya dikumpulkan dan diterbitkan menjadi sebuah buku yang berjudul DoorDuisternis tot Licht (Habis Gelap Terbitlah Terang). Buah pikirannya sangat besar pengaruhnya dalam mendorong kemajuan wanita Indonesia. Hari lahir Kartini, tanggal 21 April, diperingati setiap tahun sebagai Hari Kartini. Untuk mengenang jasanya namanya dipakai sebagai nama jalan dan sebuah taman di Jakarta yang terletak di daerah Kartini, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

 

 

 

Hits: 991
encyclopedia/a7123eb72eefbf75e0df92810c675e93
RA Kartini

Paling Populer

 
 
© 1995 - 2010 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map