Jakarta.go.id
Login  •  Signup

Beranda Ensiklopedi
CARI DI ENSIKLOPEDI

Topik Terkait

 
 

BAPPENAS, Gedung

Share

Terletak di poros tengah Taman Suropati, taman yang merupakan pusat Menteng, tempat pertemuan poros timur-barat dan utara-selatan. Seakan-akan poros ini diblokir oleh sebuah gedung lebar dan kokoh, yakni gedung induk kantor BAPPENAS (sejak tahun 1967). Pada tahun 1966 gedung ini digunakan oleh mahkamah militer yang mengadili tokoh-tokoh G30S. Sebelumnya menjadi kantor Dewan Perencanaan nasional.

Gedung ini merupakan bekas logegebouw, yang menunjukkan posisi istimewa balai perkumpulan loge dalam lay-out Menteng menampakkan posisi penting para vrijmetselaar dalam masyarakat dan pemerintahan kolonial. Loge adalah rumah pertemuan para vnjmetselaar suatu organisasi internasional yang merahasiakan sebagian kegiatannya, supaya memperoleh pengaruh besar. Dalam bahasa Indonesia loge sering disebut rumah setan.

Salah satu anggota vrijmentselaarij yang bernama Bisschop menjadi walikota Batavia (1916-1920). Namanya dipakai untuk taman istimewa di tengah-tengah Menteng, yaitu Burgemeester Bisschopplein. Menurut berbagai sumber, gedung ini dirancang dan dibangun kurang lebih pada tahun 1925 oleh Algemeen lngenieurs en Architecten Bureau (AIA). Sayang, bahwa gedung ini sekarang dihimpit oleh gedung kantor BAPPENAS yang baru, sehingga kurang berperan dalam keseluruhan komposisi bangunan yang mengitari taman Surapati.

Vrijmetselaarsloge menampakkan arsitektur tegas dan sakelijk. Bagian tengahnya yang memanjang dan mengimbangi arah vertikal itu diapit oleh dua menara solid yang kekar. Kesan tegap-kuat digarisbawahi oleh atap memanjang yang kurang tinggi. Penyusunan jendela berderet yang semuanya bersegiempat sedikit meringankan kesan tampak mukanya. Lambang-lambang vrijmetselaarij (Jangkar serta segitiga) dan semboyan Adhuc stat (artinya Masih ada) dihilangkan. Gedung ini termasuk aset arsitektural Jakarta, khususnya kawasan Menteng antara lain karena proporsinya yang harmonis. Jarang terdapat bangunan yang tampak mukanya begitu sederhana dan sober, namun anggun.

Hits: 1257

Paling Populer

 
 
© 1995 - 2010 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map