www.jakarta.go.id

Kemenristek Dikti Dukung Jakarta Sebagai Smart City

Kemenristek Dikti Dukung Jakarta Sebagai Smart City

Kemenristek Dikti Dukung Jakarta Sebagai Smart CityKementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) RI mendukung upaya yang dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk menjadikan Ibukota sebagai Smart City.

Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti, Kemenristek Dikti RI, Ali Ghufron Mukti menuturkan, akses informasi sangat penting bagi penduduk Jakarta karena dapat mencerdaskan masyarakat.

"Kami sangat mendukung informasi yang mudah diakses warga Jakarta. Tidak hanya itu, pengetahuan yang timbul harus bisa diolah agar masyarakat turut berpartisipasi," kata Ali, usai pelaksanaan seminar dan lokakarya dengan tema "Role of Smart Citizenship in Smart Cities: Lessons Learned", di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (12/9).

Menurutnya, Pemprov DKI Jakarta bisa terus mengoptimalkan teknologi, informasi dan komunikasi dalam mengembangkan konsep kota cerdas.

"Masyarakat yang memiliki keluhan atau masukan harus punya akses informasi dan menjangkau layanan," terangnya.

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik DKI Jakarta, Dian Ekowati menambahkan, untuk mencapai konsep kota cerdas, ada tiga fokus yang perlu diperhatikan yakni, pemerintah yang mendengar, sistem yang menghubungkan, dan warga yang berpartisipasi.

"Smart City bukan semata-mata kepandaian menggunakan teknologi, tapi bagaimana masyarakat berpartisipasi dan berkolaborasi dengan pemerintah," ujarnya.

Ia menambahkan, sistem ini akan menjadi penentu untuk memastikan terjadinya komunikasi antara dua pihak untuk menghasilkan sesuatu yang tepat sasaran.

Untuk diketahui, seminar dan lokakarya ini terealisasi berkat kerja sama antara Jakarta Smart City dengan University of Technology Sydney.

Seminar dan lokakarya yang diikuti 200 peserta ini menghadirkan sejumlah pembicara yang berkompeten di bidangnya dengan moderator Profesor Anthony Burke dari University of Technology Sydney. #jakartakini

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing
Sumber  : Beritajakarta.com