www.jakarta.go.id

Pembangunan Fisik MRT Dimulai Pekan Depan

Pembangunan Fisik MRT Dimulai Pekan Depan

mrtSetelah melalui berbagai proses dan tahapan, pembangunan fisik Mass Rapid Transit (MRT) dipastikan berlangsung mulai pekan depan. Pembangunan ini ditandai dengan pemindahan sejumlah halte Transjakarta yang bersinggungan langsung dengan moda transportasi berbasis rel ini seperti di koridor I.  

Direktur Utama PT MRT Jakarta, Dono Boestami mengatakan, pekan depan akan dilakukan persiapan pembangunan. Saat ini pihaknya tengah melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, untuk melakukan pemindahan halte Transjakarta yang terkena pembangunan fisik bawah tanah MRT.

"Jadi, ada beberapa halte yang akan dipindahkan karena terkena pengerjaan paket bawah tanah. Tetapi awal pekan depan, kita sudah mulai pindah-pindahkan halte-halte tersebut," ujar Dono, Kamis (4/7).

Selain itu, lanjut Dono, pihaknya masih menunggu persetujuan kontrak kerjasama dua konsorsium oleh Japan International Corporation Agency (JICA) selaku pemberi pinjaman. Sebab, saat ini kontrak kerja sama yang telah ditandatangani antara PT MRT dengan dua konsorsium pemenang tender sedang dipelajari JICA. "Begitu kontraknya disetujui oleh JICA, kita akan jalan mengerjakan semuanya," katanya

Dikatakan Dono, beberapa dokumen juga masih menunggu untuk ditandatangani oleh pemerintah pusat. Diantaranya, dokumen penerusan hibah yang sudah berada di tangan Dirjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan. Begitu juga dengan dokumen tentang pedoman kerja dari Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan. "Kedua dokumen itu dipastikan segera ditandatangani untuk menjadi payung hukum pembangunan fisik MRT," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Udar Pristono mengaku, masih membahas bersama dengan PT MRT Jakarta untuk memindahkan halte-halte yang terimbas oleh pembangunan MRT. "Masih kita rapatkan lagi, belum ada kepastian jumlah halte yang akan dipindahkan berapa," tandas Pristono.

 

Reporter: erna  

Sumber : beritajakarta.com