www.jakarta.go.id

Relawan PMI Siaga di Setiap RT, Tidak Saat Bencana Saja

Relawan PMI Siaga di Setiap RT, Tidak Saat Bencana Saja

PMI siaga RTKeberadaan relawan Palang Merah Indonesia (PMI) akan semakin diberdayakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Ke depan, Pemprov DKI meminta tugas relawan PMI tidak hanya sekadar membantu saat terjadi bencana, melainkan turut memonitor kesulitan dan masalah kesehatan yang dialami warga Jakarta. Karena itu, Pemprov DKI akan menempatkan relawan PMI di setiap rukun tetangga (RT) di Ibu Kota.
 
“Selama ini, relawan PMI sigap saat terjadi bencana saja. Kita ingin memperluas tugas, jangan hanya saat terjadi bencana saja, tapi relawan setiap hari turut berperan. Kan mereka sudah punya modal, punya hati untuk memperhatikan orang lain,” ujar Basuki T Purnama, Wakil Gubernur DKI Jakarta, di Balaikota, Selasa (18/6).
 
“Relawan PMI akan siap membantu monitor berbagai kesulitan yang dialami warga Jakarta,” sambung Basuki.
 
Ia mencontohkan, kesulitan akses kesehatan yang dialami oleh warga di antaranya warga lanjut usia (lansia) yang sakit, namun keluarga tidak mampu merawat di rumah sakit. Atau anak balita yang kurang gizi, anak usia sekolah yang tidak bisa sekolah, kesulitan air bersih atau rumah yang mau roboh.
 
“Berbagai persoalan ini nanti dilaporkan para relawan PMI. Selanjutnya, tugas kami membantu warga mendapatkan apa yang dibutuhkan untuk keluar dari kesulitan yang dihadapi,” kata mantan Bupati Belitung Timur ini.
 
Dia menegaskan, penempatan relawan PMI di setiap RT ini tidak akan menyebabkan terjadinya overlap (tumpang tindih) dengan tugas lurah dan Ketua RW. “Agar lebih banyak informasi yang masuk. Kita bisa mengecek silang lebih baik,” ungkapnya.
 
Ia menjelaskan, tugas relawan PMI akan lebih fokus terhadap penanganan warga yang sedang mengalami kesulitan serta membantu saat terjadi bencana. "Idealnya, satu relawan PMI ada di setiap RT untuk menjalankan tugas sebagai perpanjangan tangan Pemprov DKI dalam membantu warga," ungkapnya.
 
 
 
Reporter : folmer  
Sumber : beritajakarta.com