Jokowi Optimis DKI Pertahankan Juara Umum PON

Jokowi Optimis DKI Pertahankan Juara Umum PON

bSetelah sukses merebut gelar juara umum pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII Riau tahun lalu, kontingen DKI Jakarta kembali memasang target juara umum pada gelaran PON XIX yang akan berlangsung di Bandung tahun 2016 mendatang. Meski perhelatan pesta olahraga nasional itu masih dua tahun lagi, namun KONI DKI Jakarta telah mempersiapkan sejumlah cara agar bisa meraih prestasi terbaik dalam ajang dua tahunan tersebut.

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo mengatakan, terdapat beberapa hal untuk mempertahankan juara umum yakni seperti, pembinaan atlet harus terus dilakukan dari bawah dan sejak dini. Terlebih, fasilitas olahraga seperti di Rawamangun, Ragunan, dan Kuningan sudah komplit. Tak hanya itu, kompetisi juga harus rutin dilakukan sehingga akan melahirkan atlet-atlet terbaik. "Anggaran dari APBD juga besar, ya tidak ada kata yang lain selain juara umum. Permintaan saya itu saja kepada siapa pun ketua KONI DKI," ujar Joko Widodo, Gubernur DKI Jakarta, usai menghadiri Musyawarah Olahraga Provinsi X KONI DKI Jakarta di Hotel Mercure, Jakarta Utara, Sabtu (6/4).

Dirinya berharap, selain dapat mempertahan gelar juara umum, para atlet yang memperkuat kontingen DKI Jakarta dapat meraih medali emas semua.

Dikatakan Jokowi, dana anggaran olahraga di DKI Jakarta cukup besar yakni mencapai Rp 116 miliar. Meski begitu, dirinya tidak mempermasalahkan jumlah dana tersebut demi sebuah prestasi yang membanggakan. "Sekarang anggarannya Rp 116 miliar. Kalau masih kurang demi sebuah prestasi, yah buat saya nggak ada masalah, karena duitnya memang ada. Tapi, kalau nanti sudah ada seperti itu, kemudian prestasinya malah menurun, pasti ada yang salah," katanya.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga berpesan kepada peserta Musyawarah Olahraga Provinsi X KONI DKI untuk memilih pengurus dan Ketua umum KONI periode 2013-2017 yang baik dan peduli pada olahraga. "Kalau saya untuk pemilihan ketua KONI DKI Jakarta, pilih yang terbaik, terserah pemilih saja," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Umum KONI DKI Jakarta, Winny Erwindia menuturkan, dalam menghadapi PON XIX Bandung, pihaknya saat ini tengah melakukan evaluasi . Sebab, kenyataannya atlet-atlet yang sudah tidak mungkin lagi bertanding, nantinya akan ada kaderisasi, sehingga rekrutmen menjadi salah satu yang sangat penting. "Tahun ini kami akan menggelar pemusatan latihan daerah (Pelatda). Biasanya dilaksanakan pada tahun kedua, jadi ada jedanya, tapi sekarang langsung. Karena kita akan menghadapi PON yang berat berikutnya," tandas Wini.

Seperti diketahui, kontingen DKI Jakarta memastikan diri sebagai juara umum Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII/2012 di Pekanbaru, Riau. Kontingen DKI berhasil mengoleksi 108 emas, 97 perak, dan 103 perunggu. Raihan tersebut mengungguli perolehan medali atlet Jawa Barat dan Jawa Timur yang harus puas menduduki posisi kedua dan ketiga.

 

Reporter: al furqon

Sumber: beritajakarta.com