www.jakarta.go.id

PERTEMUAN RUTIN ANTAR ANGGOTA DHARMA WANITA PROVINSI DKI JAKARTA

PERTEMUAN RUTIN ANTAR ANGGOTA DHARMA WANITA PROVINSI DKI JAKARTA

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Selamat pagi, salam sejahtera untuk kita semua,      

 

Yth.-  Penasehat Dharma Wanita Persatuan Provinsi DKI Jakarta;

      -  Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi DKI Jakarta;

      -  Para Pengurus dan Anggota Dharma Wanita Persatuan Provinsi DKI Jakarta;

      -  Undangan dan hadirin yang berbahagia,

 

Marilah kembali kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa,karena berkat innayah, karunia, dan hidayah-Nya, alhamdulillah, kita semua dapat terus meningkatkan tali silaturahim, disertai harapan kegiatan ini dapat lebih memberikan semangat dan motivasi bagi kita semua, khususnya para Pengurus dan Anggota Dharma Wanita Persatuan Provinsi DKI Jakarta dalam menyelesaikan pelaksanaan Program Kerja Tahun 2012.

Saya menyambut baik dan menyampaikan penghargaan atas pertemuan rutin ini dan saya menilai tema kegiatan ini, memiliki makna penting untuk terus mendorong semangat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan masyarakat Kota Jakarta untuk bekerjasama memenuhi capaian Millennium Development Goals (MGDs), karena capaian ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat Kota Jakarta yang lebih sehat, cerdas, dan ber-akhlakul karimah.

Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan Provinsi DKI Jakarta yang telah memberikan yang terbaik dan dengan tulus dan penuh kesabaran mendampingi para suami tercinta, baik suka maupun duka, dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya bagi keberlangsungan pembangunan DKI Jakarta, yang kita cintai dan penuh harapan ini. Semoga Ibu-ibu mendapatkan barokah, dan hidayah Allah SWT, dan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan kekuatan dan kesehatan kepada Ibu-ibu, juga kita semua.  

Para Pengurus dan Anggota Dharma Wanita yang saya hormati,

Peranserta masyarakat dalam mendukung pembangunan DKI Jakarta mutlak dibutuhkan dan keberhasilan pembangunan ada pada pundak kita masing-masing. Kita memahami, seluruh kebijakan pembangunan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak akan berjalan semulus apa yang kita bayangkan, tanpa adanya dukungan penuh dari seluruh kompenen masyarakat Kota Jakarta, termasuk ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan Provinsi DKI Jakarta, guna kelanggengan pembangunan DKI Jakarta.

Mengelola Kota Jakarta, tidak sesederhana mengatur kota-kota lain di Indonesia, sebagai ibukota, pusat pemerintahan, pintu gerbang ekonomi nasional, dan pusat berbagai kegiatan yang berskala nasional dan internasional, DKI Jakarta membutuhkan koordinasi dengan Pemerintah Pusat, instansi-instansi terkait lainnya dan memerlukan biaya tidak sedikit, untuk mengatasi persoalan-persoalan DKI Jakarta, seperti banjir, kemacetan, kemiskinan, pendidikan, kesehatan dan masalah lainnya.   

Dengan komitmen dan tekad yang kuat, Alhamdulillah, pada tahun 2011 Indeks Pembangunan Manusia (IPM), tercatat 78,00 dibandingkan dengan IPM pada tahun 2010 sebesar 77,60. Angka IPM DKI Jakarta menduduki ranking pertama dibandingkan dengan IPM seluruh daerah lain di Indonesia. IPM Indonesia masuk dalam kategori medium human development dan pada level kota, Jakarta berada pada kelompok high human development antara lain bersama kota Rio De Janeiro, Beijing, Guang Dong dan Kuala Lumpur.   

Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, saat ini seluruh Puskesmas Kelurahan telah mampu memberikan pelayanan klinik gigi dengan tarif murah. Selain itu, tersedia layanan poli rawat jalan di Puskesmas Kelurahan yang semakin bertambah dengan jumlah pengunjung semakin meningkat. Layanan rawat inap di Puskesmas Kecamatan sudah diperkenalkan sejak tahun 2010, pada tahun 2011 ini sudah dapat dilayani oleh 11 Puskesmas Kecamatan yang menyediakan layanan rawat inap dan tahun 2012 ditargetkan untuk meningkatkan 12 Puskesmas menjadi Puskesmas Rawat Inap. 

Peningkatan layanan kesehatan telah memberikan dampak positif, indikasinya antara lain, peningkatan Usia Harapan Hidup dalam lima tahun terakhir dari 74,0 tahun menjadi 74,4 tahun untuk pria dan dari 77,6 tahun menjadi 78,0 tahun untuk wanita.Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga memperoleh Penghargaan Penanggulangan HIV/AIDS dari Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat atas keberhasilan menjalankansalah satu tujuan MDGs.

Sementara itu, upaya  penyelesaian permasalahan di tingkat komunitas, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah merintis Program Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (PPMK) dengan pendekatan Tribina mencakup Bina Fisik, Bina Sosial dan Bina Ekonomi. Keberhasilan program ini telah diakui oleh banyak pihak sehingga sejak tahun 2009 Pemerintah Pusat mereplikasi Program PPMK menjadi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri yang diterapkan di seluruh Indonesia.

Sampai dengan tahun 2011, untuk PPM Bina Sosial telah disalurkan dana sebesar Rp 231,04 Milyar untuk membiayai 10.564 kegiatan, sedangkan untuk PPMK Bina Fisik juga telah disalurkan dana sebesar Rp 231,04 Milyar untuk membiayai 25.207 kegiatan.

Selain itu, dalam rangka Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Kelurahan (PEMK), sampai dengan tahun 2012 telah disalurkan Dana Bergulir Bina Ekonomi sebesar Rp 330,19 Milyar melalui Koperasi Jasa Keuangan (KJK) kepada 133.045 pemanfaat untuk pengembangan usaha mikro masyarakat seperti toko kelontong, warung, pedagang makanan, warnet, fotocopy, agen koran, penjahit dan lain-lain.

Ibu-Ibu Dharma Wanita Provinsi DKI Jakarta,

Pertemuan rutin kali ini, yang bertema “Dharma Wanita Persatuan Provinsi DKI Jakarta Turut Berperan Aktif Dalam Pencapaian MDG’s Tahun 2015 dan Menyukseskan Jakarta yang Aman, Sejahtera dan Sadar Hukum”, kita maknai bersama bahwa peranserta masyarakat bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, harus terus dipertahankan dan ditingkatkandalam rangka mencapai tujuan dan harapan kita bersama.

Sebagai upaya menuju ke arah itu, pada peringatan HUT ke-485 Kota DKI Jakarta, memiliki tema “Jakartaku, Harapanku”. Sebuah tema yang mengingatkan untuk mempertemukan harapan-harapan warga dengan program kerja yang disiapkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, serta membangkitkan optimisme masa depan Jakarta yang lebih baik. Dengan demikian, warga DKI Jakarta dapat menggantungkan harapan untuk tinggal, hidup dan sukses di Ibukota.

Pada kesempatan yang baik ini, saya juga ingin menyampaikan bahwa KPU Provinsi DKI Jakarta akan menyelenggarakan Pemilu Gubernur-Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Periode 2012-2017. Partisipasi Warga Jakarta sangat menentukan bagi keberlangsungan pembangunan DKI Jakarta karena itu,sebagai warga Jakarta yang cerdas, dan dewasa agarmenyalurkan hak politiknya melalui Pemilu Gubernur-Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta pada tanggal 11 Juli 2012.

Demikian pesan dan harapan saya, semoga “Pertemuan Rutin Dharma Wanita Persatuan Provinsi DKI Jakarta” mampu membuahkan pemikiran yang bijak dan cerdas, serta memiliki manfaat besar bagi kesejahteraan masyarakat Ibukota.

Terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Jakarta, 7 Juni 2012

<