www.jakarta.go.id

PERESMIAN RUMAH SAKIT ALI SIBROH MALISI

PERESMIAN RUMAH SAKIT ALI SIBROH MALISI

Assalamu'alaikum Wr.Wb,

Salam sejahtera bagi kita semua.

Yth. -   Direktur Rumah Sakit Ali Sibroh Malisi, Ibu dr. Hj. Naomi Dailami, MPH;

       -   Para Dokter dan perawat;

       -   Hadirin yang saya hormati.

                           

Alhamdulillah,pada hari yang berbahagia ini, berkat limpahan rahmat dan karunia Allah SWT, kita dapat menghadiri peresmian tahap awal (Soft Opening) Rumah Sakit Ali Sibroh Malisi, dalam keadaan sehat, dan penuh semangat.

Pada kesempatan ini, saya atas nama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan warga Ibukota, menyampaikan selamat atas peresmian Rumah Sakit Ali Sibroh Malisi ini, sebagai wujud peran serta swasta dalam bidang pelayanan kesehatan.

Berdirinya Rumah Sakit Ali Sibroh Malisi, yang merupakan salah satu kado istimewa HUT ke-485 Kota Jakarta, diharapkan memberikan kontribusi  lebih signifikan bagi peningkatan pelayanan kesehatan di Jakarta yang kini sudah semakin baik, sesuai tema HUT Kota Jakarta, “Jakartaku, Harapanku”.

Hadirin yang saya hormati,

Pembangunan bidang kesehatan, merupakan salah satu program prioritas (dedicated program) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Kebijakan tersebut, didasarkan atas kenyataan bahwa bidang kesehatan merupakan bagian penting yang terkait langsung dengan peningkatan kualitas, harkat dan martabat manusia dalam kerangka pembangunan seutuhnya.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta  berkomitmen untuk meningkatkan pembangunan kesehatan melalui perluasan jangkauan pelayanan kesehatan kepada segenap lapisan masyarakat tanpa kecuali. Berhasilnya pembangunan kesehatan, pada hakikatnya menuntut kerjasama yang lebih sinergis antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, stakeholders dan seluruh komponen masyarakat, serta tidak kalah pentingnya adalah kesadaran masyarakat untuk membiasakan Pola Hidup Bersih dan Sehat.

Pembangunan kesehatan di DKI Jakarta menunjukkan kemajuan yang sangat berarti, antara lain  dapat dilihat dari indikator kesehatan pada tahun 2008 dibandingkan dengan tahun 2011, yaitu Angka Harapan Hidup (live expectancy), yang meningkat dari 75,9 tahun menjadi 76,2 tahun (Angka Harapan Hidup untuk laki-laki 74,4 tahun dan perempuan 78,0 tahun) dan Angka Kematian Bayi menurun dari 8,2 menjadi 7,0.

Keberhasilan pembangunan kesehatan tersebut, tidak lepas dari penyelenggaraan pelayanan kesehatan khususnya bagi keluarga miskin diseluruh Puskesmas, Rumah Sakit Pemerintah dan Swasta, melalui Program Kartu Sehat JPK-GAKIN, serta upaya perbaikan mutu pelayanan kesehatan. Hingga saat ini seluruh Puskesmas di 44 Kecamatan, 5 RSUD dan 96 Puskesmas Kelurahan telah memperoleh sertifikat ISO manajemen pelayanan.

Hadirin yang saya hormati,

Sejalan dengan upaya  mewujudkan Jakarta menjadi kota yang representatif, kompetitif, komparatif dan sejajar dengan kota-kota besar lainnya di dunia, berdirinya rumah sakit yang representatif, merupakan hal yang menggembirakan dan tentu akan disambut baik oleh masyarakat.

Oleh karena itu, saya berharap dalam memberikan pelayanan, Rumah Sakit Ali Sibroh Malisi ini perlu  mencakup hal-hal pokok antara lain :

· Menunjang program pemerintah dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat;

· Melaksanakan amanat  sesuai dengan maksud didirikannya Rumah Sakit Ali Sibroh Malisi;

· Mewujudkan kesejahteraan sosial masyarakat Indonesia, khususnya warga Ibukota.

Pada kesempatan ini, sekali lagi saya menyampaikan terima kasih dan memberikan penghargaan yang tinggi, kepada pencetus berdirinya Rumah Sakit Ali Sibroh Malisi, disertai harapan memberi kemudahan bagi masyarakat yang selama ini berobat keluar negeri,untuk mendapatkan layanan kesehatan berstandar internasional, sehingga dapat menghemat devisa.

 Selain itu, ke depan saya berharap Rumah Sakit Ali Sibroh Malisi dapat berperan sebagai centre of excellence,  menjadi rujukan  dan  acuan bagi dokter dan Rumah Sakit lainnya.

Demikian serangkaian pesan dan harapan yang saya sampaikan pada acara ini, akhirnya dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, Soft Opening Rumah Sakit Ali Sibroh Malisi saya resmikan.

Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan rahmat-Nya dalam upaya kita bersama meningkatkan derajat kesehatan masyarakat warga Ibukota.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Jakarta, 6 Juni 2012