ACARA PEMBUKAAN KIDS FESTIVAL DAN EDUCATION FAIR

ACARA PEMBUKAAN KIDS FESTIVAL DAN EDUCATION FAIR

ACARA PEMBUKAAN KIDS FESTIVAL DAN EDUCATION FAIR


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.


Yth. -    Pimpinan Yayasan Adjani Zaafira Brilliantine;
        -    Panitia Pelaksana Kids Festival dan Edufair;
        -    Para Peserta Festival dan Pameran;
        -    Undangan dan hadirin yang saya hormati.

Teriring puji syukur Alhamdulillah, kepada Allah SWT atas rahmat dan karunia-Nya, saya menyampaikan selamat dan menyambut baik penyelenggaraan  “Kids Festival dan Education Fair” mulai hari ini, Sabtu, 21 Januari sampai 29 Januari 2012.


Saya berharap, festival anak dan pameran pendidikan dengan tema “Dunia Anak, Dunia Bermain”, berlangsung meriah, semarak serta memberikan kontribusi untuk mewujudkan anak berakhlak mulia, cerdas, kreatif dan memiliki daya antisipasi tinggi (kepedulian) terhadap sesama.


Hadirin yang saya hormati;


Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyambut baik dan apresiasi yang tinggi kepada pihak penyelenggara Alifa Kids Centre, lembaga dibawah naungan Yayasan Adjani Zaafira Brilliantine. Penyelenggaraan Kids Festival dan Education Fair ini merupakan perhelatan besar dan terlengkap pertama yang menggabungkan beberapa unsur pendidikan dalam satu event


Kids Festival dan Education Fair yang menyediakan dan memfasilitasi anak-anak bermain dan berkreasi dengan bermacam-macam kegiatan yang menstimulasi rasa ingin tahu anak melalui berbagai eksperimen, saya harap dapat meningkatkan kecerdasan anak secara intelektual, emosional, dan mental serta spiritualnya. Di sini, anak-anak kita dapat mengembangkan kreativitas dengan menampilkan karya seni, performing art, dan mengikuti aneka lomba dan festival yang diselenggarakan panitia.


Disamping itu, pameran buku yang berkaitan dengan anak, pameran mainan edukatif untuk perkembangan anak usia dini, dan pameran lembaga pendidikan untuk anak usia dini dan lembaga tumbuh kembang anak, juga diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pengetahuan anak, guru dan para orang tua serta dunia pendidikan.


Penyelenggaraan kegiatan ini, sangat bermanfaat untuk membentuk Anak-anak, menjadi generasi unggul yang memiliki  karakter jujur, berakhlak mulia, sehat, cerdas dan berprestasi, sehingga mereka memiliki kepercayaan diri untuk mengembangkan kompetensi di masa depan.


Hadirin yang saya hormati,


Anak  merupakan investasi sosial, generasi penerus, pewaris perjuangan dan calon pemimpin  yang akan menentukan maju mundurnya bangsa. Oleh karena itu, Pemerintah telah menetapkan kebijakan pendidikan berbasis karakter akan dijadikan sebagai gerakan nasional, mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sampai dengan Perguruan Tinggi, karena merekalah yang akan melanjutkan pembangunan bangsa dan negeri ini.    


Tugas dan tanggungjawab mendidik, membimbing dan melindungi anak-anak, pada hakikatnya bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, tetapi juga memerlukan dukungan semua pihak, baik lintas sektor, dunia usaha maupun  masyarakat.


Berbagai kegiatan dalam event ini, seperti  workshop, talkshow, lomba-lomba, festival film dan lainnya, saya harapkan dapat memberikan kegembiraan, keceriaan, kreatifitas,  rasa percaya diri dan harapan yang besar  kepada para anak-anak, terutama dalam mengawali kegiatan proses belajar mengajar di sekolah pada  tahun ajaran baru (Tahun 2012/2013), dan sekaligus sebagai masukan positif bagi pengembangan pendidikan anak di DKI Jakarta.


Hadirin yang saya hormati;


Kita perlu menyadari bahwa saat ini, dihadapan kita terbentang permasalahan besar yang terkait dengan anak-anak. Dewasa ini di tengah kemajuan perkembangan teknologi, komunikasi dan informasi, anak-anak cenderung terkontaminasi dengan   budaya asing yang  dapat kita saksikan dalam kehidupan sehari-hari di Ibukota. Pengaruh budaya asing baik positif maupun negative, begitu mudah masuk dan diserap anak-anak, sehingga tidak heran para orang tua begitu khawatir dengan masa depan anak-anak mereka.


Oleh karena itu, sejak dini anak-anak perlu memiliki ”ketahanan budaya” yang dapat melindungi  mereka  dari pengaruh negatif budaya asing yang tidak sesuai dengan nilai-nilai budaya bangsa. Pada sisi lain, masyarakat dan para orang tua memberikan perlindungan yang dibutuhkan anak, sehingga ke depan mereka dapat tumbuh dan berkembang sebagai generasi muda harapan bangsa.


Kita berharap anak Indonesia menjadi anak yang sehat, cerdas, ceria dan berakhlak mulia, serta anak terlindungi dari berbagai bentuk kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi. Kepada para orang tua, saya harapkan mari kita terus memberikan perhatian yang lebih besar kepada anak-anak, karena mereka pada gilirannya akan menggantikan peran kita di masa datang.


Kepada anak-anaku tercinta, saya berpesan rajin bersekolah dan  giat belajar serta tekun beribadah, hormat dan berbakti kepada orang tua, jauhi tawuran dan narkoba. Mudah-mudahan kalian menjadi anak yang bertaqwa dan kelak siap menjadi pemimpin bangsa.


Akhirnya dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, ”Kids Festival dan Education Fair” saya buka. Selamat berkreasi, dan selamat menikmati hiburan, lomba-lomba anak, dan pameran dunia pendidikan dan anak.


Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan petunjuk dan ridho-Nya kepada kita semua.


Wassalammualaikum warahmatullohi wabarrokatuh.

Jakarta, 21 Januari 2012