15 Seniman Indonesia Pameran di New York

15 Seniman Indonesia Pameran di New York

Untuk memberikan apresiasi terhadap seniman-seniman Indonesia di dunia internasional, PT Pembangunan Jaya Ancol berencana mengirimkan 15 perwakilan seniman ke New York, Amerika Serikat (AS) pada Maret 2011 mendatang. Selain menggelar pameran lukisan, hasil karya seniman itu nantinya juga akan dijual di negeri Paman Sam tersebut.

"Kita akan mengirim 15 seniman dengan 30 karya lukis mereka," kata Budi Karya Sumadi, Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol, saat menerima kunjungan tiga seniman AS yang tergabung dalam komunitas St Louis Artist Guild Missouri, Amerika Serikat di Pasar Seni Ancol Taman Impian, Jakarta Utara, Sabtu (4/12).

Kesempatan ini diberikan, karena selama ini hasil karya seniman-seniman lukis di Indonesia belum memiliki tempat di kancah internasional. Padahal, jika dilihat dari hasil karyanya, seniman Indonesia tak kalah bersaing dengan seniman-seniman luar negeri. Untuk itu, perlu adanya pameran hasil karya seni lukis seniman Indonesia di kancah internasional.

Ditambahkan Budi, 15 seniman yang akan dikirim merupakan beberapa seniman yang hasil karyanya telah memenangkan perlombaan atau festival lukis di kelas internasional. Ada 30 lukisan yang akan diikutsertakan yang saat ini tengah dipamerkan di Galeri Seni, Pasar Seni Ancol.

Dengan pengiriman 15 seniman ke New York, lanjut Budi, diharapkan menjadi momentum kebangkitan kreativitas seniman yang bisa memberikan manfaat bagi negara. "Kita harus memberikan perhatian yang lebih untuk seniman dengan mengadakan pameran di luar. Lumayan yang biasanya hasil karya seniman di sini laku Rp 10 juta di sana bisa dihargai Rp 50 juta," tandasnya.

Sumber : beritajakarta.com