www.jakarta.go.id

3 Sentra UMKM Jakarta Barat dibentuk

3 Sentra UMKM Jakarta Barat dibentuk

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kodya Jakarta Barat menggandeng Universitas Trisakti dan Pemerintah Kota Jakarta Barat membentuk sentra usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di daerah Rawabuaya, Tegal Alur dan Kembangan, Jakbar.

Ketua Umum Kadin Kodya Jakbar  M. Effendi Saud S. mengatakan lokasi sentra UMKM yang disediakan Pemerintah Kota Jakarta Barat akan menjadi tempat berproduksi, showroom dan transaksi dagang.

“Para pengusaha di sentra UMKM akan mendapat bantuan kemudahan akses permodalan dan pemasarannya, disamping pelatihan dan pendampingan secara intensif dari pihak Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti,” katanya di Jakarta hari ini.

Dia mengatakan pelatihan usaha bagi UMKM dilaksanakan di Pusat Studi Industri, UMKM dan Persaingan Usaha, FE Universitas Trisakti yang sekaligus mencakup strategi untuk mengakses permodalan, pengelolaan keuangan, kualitas produk dan pemasarannya.

Menurut Effendi, pihaknya membantu UMKM binaan itu untuk mendapatkan modal tanpa agunan dari Bank DKI dan pinjaman tanpa bunga dari Universitas Trisakti melalui lembaga pengabdian kepada masyarakat sebesar Rp5 juta-Rp15 juta per kelompok dan perorangan.

Selama ini, Universitas Trisakti bersama Kadin Kodya Jakbar telah membina usaha skala UMKM bidang garmen dan makanan di Jatipulo Kecamatan Palmerah Jakarta Barat, Kalibata Jakarta Selatan, dan Kelender Jakarta Timur.

Sumber : bisnis.com