www.jakarta.go.id

Taman Medan Merdeka

Taman Medan Merdeka

taman medan merdekaIstana Gubernur disebelah utara Taman Monas yang kemudian disebut sebagai Istana Negara. Nama Monumen Nasional diberikan karena pada tahun 1961 Presiden RI yang pertama membangun sebuah Monumen berbentuk obor raksasa, yang mencerminkan kebesaran bangsa dan untuk membangkitkan semangat perjuangan Bangsa dimasa yang akan datang.

Kemudian pada tanggal 10 Januari 1993 Presiden Soeharto mencanangkan dimulainya peningkatan dan pengembangan Taman Monas sebagai taman rekreasi dan monumental yang megah. Areal taman telah menjadi jejak sejarah yang panjang, mempunyai pengaruh yang besar terhadap pertumbuhan dan perkembangan Kota Jakarta, serta catatan berbagai peristiwa yang terjadi selama beberapa ratus tahun.

Konsep tata hijau untuk menunjang keberadaan Tugu Monas, sebagai tempat pendidikan alam, kebon Botani, pengarah, penyejuk, keindahan kota, sangtuari satwa, bio-filter terhadap polusi udara, suara dan cahaya serta mempertinggi fungsi peresapan air di kawasan Taman Medan Merdeka.

oleh sebab itu pemilihan jenis tanaman dijalankan pada jenis-jenis yang memenuhi persyaratan tersebut diatas, serta merupakan koleksi tanaman-tanaman yang mewakili kekayaan alam dari 33 provinsi di Indonesia.

Sumber : Diskominfomas