Beranda Ensiklopedi

Topik Terkait

 
 

Al Azhar, Perguruan Islam

Share

Perguruan Islam al Azhar adalah wadah pendidikan yang bernaung di bawah Yayasan Pesantren Islam (YPI) yang didirikan pada tanggal 7 April 1952 di Jakarta. Yayasan ini bertujuan membina dan mengembangkan pendidikan Islam dalam arti seluas-luasnya serta meningkatkan mutu dan menyampaikan syiar Islam.

Dalam lingkungan YPI terdapat beberapa badan/lembaga. (1) Masjid Agung Al-Azhar (Lihat Al Azhar Masjid). Sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan jemaah, secara bertahap terbentuk pula berbagai jenis kegiatan lain yang berpusat di masjid, seperti pendidikan formal dan informal, kegiatan pemuda, pengajian wanita, poliklinik, dan berbagai kursus. Untuk lebih mengintensitkan berbagai kegiatan tersebut, pengurus yayasan akhirnya menetapkan pengurus masjid Agung al-Azhar. Badan ini mengkoordinasikan kegiatan majelis taklim, pengajian, pengislaman seseorang, menyantuni fakir miskin dan yatim piatu, dan melaksanakan perayaan hari-hari besar Islam.

(2) Lembaga pendidikan al-Azhar, berbentuk sekolah umum dengan kurikulum departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Tujuan lembaga pendidikan ini adalah mempersiapkan cendekiawan muslim yang bertakwa, berahlak mulia, cakap dan terampil, percaya pada diri sendiri, dan berguna bagi agama, masyarakat, dan bangsa. Cita-cita yang dilandasi nilai moral agama merupakan kunci perguruan ini. Lembaga pendidikan al-Azhar terdiri dari Taman Kanak-Kanak Islam II, Sekolah Menengah Pertama Islam, Sekolah Menengah Atas Islam, dan Pendidikan Islam al-Azhar cabang Pasar Minggu, cabang Cakung, cabang Kebayoran Lama, dan Cabang Kemanggisan Slipi; (3) Badan Pemuda al-Azhar. Secara berkala badan ini menyelenggarakan kegiatan pesantren kilat, seminar, diskusi, perlombaan olah raga, dan kesenian.

(4) Badan Kesehatan al-Azhar. Badan ini menyelenggarakan dua kegiatan, yaitu poliklinik umum dan poliklinik gigi yang melayani pengobatan para siswa, jemaah dan masyarakat umum; (5) Akademi, Kursus, dan Bimbingan Masyarakat al-Azhar. Terdiri dan Akademi Bahasa Arab; kursus Agama Islam, membaca Al-Qur'an, dan termasuk haji, Studi Islam al-Azhar (untuk para ibu); dan pendidikan kader mubalig.

Hits: 1804

Paling Populer