www.jakarta.go.id

Detail | Encyclopedia

 

9 Jurnalis Polandia ke Jakarta, Kunjungan

 

Kunjungan 9 Jurnalis Polandia ke Jakarta
Lokasi Jakarta
Peserta 9 Orang
Waktu 3 - 7 Maret 2015

 

Kunjungan 9 Jurnalis Polandia ke Jakarta ini dilakukan pada tanggal 3 - 7 Maret 2015. Kunjungan ini merupakan salah satu kegiatan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Warsawa dalam upaya mempromosikan Indonesia dan mendukung target Pemerintah Indonesia untuk mencapai kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia di tahun 2019. Hal ini sejalan dengan program Kabinet Kerja (2014-2019) dan sesuai dengan arahan Presiden RI dalam Rapat Pimpinan Kementerian Luar Negeri dengan Kepala Perwakilan RI tahun 2015 bahwa Diplomasi Ekonomi harus menjadi fokus utama dengan aktif mencari peluang ekonomi khususnya untuk meningkatkan ekspor, wisatawan dan investasi.

Kegiatan ini juga dapat disebut sebagai kegiatan Familiarization Trip (Fam Trip) yang mengundang sebanyak 9 orang jurnalis dari media ternama di Polandia untuk berkunjung ke Indonesia mulai tanggal 3 - 13 Maret 2015. Sembilan Jurnalis tersebut diantaranya adalah Michal Kokot dari Harian Gazeta Wyborcza; J. Winiecki dari Majalah Polityka; Piotr Checinski, Robert Gajzler dan Marta Kosiorowska dari Televisi TVP; Monika Krawczyk, Piotr Kardasz dan Jerzy Pawleta dari Monix Film Production House; serta Agata Komosa dari News Online Na Temat.

Sembilan Jurnalis Polandia itu diajak menemui beberapa tokoh penting Indonesia, berdiskusi, berdialog dan mengunjungi beberapa tempat serta melihat acara seni dan budaya. Kegiatan mereka dan pertemuan tersebut diantaranya pertemuan dengan Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balaikota Pemerintah Provinsi DKI Jakarta; pertemuan dengan Direktur Utama PT. Garuda Indonesia (GI) M. Arif Wibowo dan melihat fasilitas  yang dimiliki PT. GI; Pertemuan dengan Direktur Utama PT. Bursa Efek Indonesia (BEI) Ito Warsito dan melihat fasilitas yang dimiliki PT. BEI; pertemuan dengan Direktur Utama PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II R. J. Lino dan melihat fasilitas yang dimiliki PT. Pelindo II; pertemuan dengan Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri, Esti Andayani; pertemuan dengan Direktur Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata Dadang Rizki Ratman; mengunjungi PT. Chandra Asri Petrochemical (CAP); mengunjungi perkebunan teh Gunung Mas di Puncak; meliput kegiatan 70 mahasiswa/peserta asing penerima beasiswa dari Pemerintah Indonesia ‘Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI)’ yang mana 2 orang diantaranya berasal dari Polandia. Mereka juga diajak mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Jakarta seperti Masjid Istiqlal, Gereja Kathedral dan Kawasan Kota Tua; mengunjungi pusat perbelanjaan di Jakarta, melakukan Gala Dinner dan melihat dari dekat acara seni Java Jazz Festival 2015. Di sela-sela kegiatan itu mereka juga berkesempatan melakukan pertemuan dengan Duta Besar Polandia untuk Indonesia.

Setelah melakukan kunjungan Fam Trip di Jakarta, 9 jurnalis Polandia ini kemudian melanjutkan kunjungan di Indonesia dengan pergi membuat liputan ke Labuan Bajo - NTT, Taman Nasional Komodo- NTT, Pulau Rinca - NTT, Pink Beach - NTT, Kuta – Bali, Tabanan- Bali, Ubud- Bali, Pura Tanah Lot – Bali,  dan  Raja Ampat – Papua Barat.

Hits: 2288

Paling Populer