Beranda Ensiklopedi

Topik Terkait

 
 

Abdullah Syafi'ie, K.H

Share

Seorang ulama Betawi. Lahir tahun 1910 dan merupakan salah seorang murid Guru Marzuki yang seangkatan dengan Imam Mujtaba, menantu Syeikh Junaid Al-Batawi. Ia mulai mengajar di lembaga pendidikan Al Islamiyah di Kampung Bali, Matraman yang didirikan tahun 1927 oleh ayahnya, H. Syafi'ie bin Sa'iran. Ia bersama teman - temannya pergi ke Mekah beberapa tahun untuk bermukim dan belajar di sana. Sebelumnya tahun 1923 ketika berusia 13 tahun ia telah pergi ke sana menunaikan ibadah haji. Tahun 1940 ayahnya meninggal dan ia kembali ke Betawi. Ia kemudian mengganti nama masjid yang dibangun ayahnya dari AI-Islamiyah menjadi As Syafi'iyah untuk menghormati ayahnya selain menunjukkan mazhab yang dianutnya.


Di kalangan para ulama seangkatan, Abdullah Syafei dikenal sebagai ulama yang menguasai ratusan kitab dan hafal begitu banyak hadist. Pada akhir tahun 1970-an bersama Kyai Nurali dan Kyai Soleh Iskandar (Bogor), membentuk Badan Kerjasama Pondok Pesantren (BKSPP) Jawa Barat. Tahun 1972, mendirikan Yayasan Perguruan Asysyafi"yah yang dalam waktu tidak lama telah mempunyai 33 lembaga pendidikan. Tahun 1977 menjabat sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI yang pertama sampai tahun 1985. Salah seorang muridnya yang terkenal adalah K.H. Abdurrahman Nawi. Tanggal 3 September 1985 ia
meninggal dunia. Puluhan lembaga pendidikan, majelis taklim, serta pemancar radio yang telah ia rintis diteruskan oleh putra putrinya yakni: Hj. Tuty Alawiyah, H. Abdul Rasyid, H. Abdul Hakim dan Hj. Farida.

Hits: 3796
K.H. Abdullah Syafe'i

Paling Populer