Beranda Ensiklopedi

Topik Terkait

 
 

Gubernur Jenderal Hindia Belanda

Share

Pejabat tertinggi di Hindia Belanda sejak kedatangan bangsa Belanda di Indonesia. Saat kongsi dagang VOC (Verenigne Oosl Indische Compagnies) terbentuk di tahun 1620, maka segera ditugaskan seorang gubernur jenderal untuk mengelola kongsi dagang tersebut di Hindia Belanda. Selama VOC berkuasa di Hindia Belanda mempunyai 37 gubernur jenderal, namun yang benar-benar terlibat langsung dalam urusan kota Batavia hanya 34 orang.

Jabatan gubernur jenderal VOC merupakan kedudukan tertinggi, sehingga menjadi incaran semua pejabat VOC. Calon gubernur jenderal dipilih di antara anggota Dewan Hindia (Raad van Indie), kemudian dilaporkan kepada Dewan Tujuh Belas (Heeren Seventien) untuk mendapatkan persetujuan. Namun kadang, calon yang dipilih Dewan Hindia tidak disetujui oleh pengurus pusat di Amsterdam, seperti Jacques Specx. Bisa juga pengurus pusat di Amsterdam mengangkat seorang gubernur jenderal di Hindia Timur tanpa ada usulan dari Batavia, seperti Gustaaf Willem Baron van Imhoff.

Agar dapat diangkat menjadi gubemur jenderal dalam struktur kepegawaian harus menduduki jenjang kepangkatan opperkoopman atau pedagang utama. Orang yang ulet dan bernasib baik dapat diangkat menjadi gubernur jenderal sesudah bekerja di VOC dalam jangka waktu lama, seperti Hendick Zwaardecroon, Jacob Mossel, Abraham Patras, Reinier de Klerk dan Antonio van Diemen. Posisi gubernur jenderal memang sangat bergengsi, sebab jabatan tersebut hanya satu-satunya dalam organisasi VOC di wilayah Timur dan hanya Batavia yang mendapat kedudukan tersebut.

Meskipun jabatan tersebut hanya terbuka bagi warga Belanda, namun ada beberapa perkecualian seperti van Imhoff keturunan Jerman, Abraham Patras berdarah Perancis, dan Dirk van Cloon berdarah Asia. Pusat pemerintahan bagi seorang gubernur jenderal adalah di Stadhuis di dalam Kasteel Batavia. Namun pada akhir abad ke-18 kedudukan gubernur jenderal sudah tidak di Kasteel Batavia lagi melainkan di Weltevreden, sekitar Waterlooplein.

Hits: 3129
Pin untuk mengenang Gubernur Jenderal Hindia Belanda-Cornelis Speelman

Paling Populer