KONSEP DIGITAL ISLAND AKAN DITERAPKAN DI KEPULAUAN SERIBU

Kamis, 08 Februari 2018 15:10 WIB

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menerapkan konsep Digital Island untuk mengembangkan wisata dan meningkatkan perekonomian warga di Kepulauan Seribu.

" Kami ingin dedikasikan Kepulauan Seribu menjadi Digital Island"

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno menuturkan, pemanfaatan teknologi dan informasi akan memberikan kemudahan akses layanan di Kepulauan Seribu, sehingga Kepulauan Seribu dapat menjadi lebih maju dan warganya lebih sejahtera.

"Kami ingin dedikasikan Kepulauan Seribu menjadi Digital Island. Konsep ini akan kami luncurkan Maret atau April mendatang," kata Sandi, Kamis (8/2).

Dijelaskannya, saat ini masih dilakukan kajian dan evaluasi untuk menentukan salah satu pulau yang akan menjadi pilot project.

"Mungkin ada satu titik dulu, kita sedang tentukan, bisa di Pulau Tidung, Panggang, atau Pulau Pramuka," terangnya.

Menurutnya, pemanfaatan teknologi dan informasi dapat lebih mengencarkan promosi Kepulauan Seribu sebagai destinasi wisata. Pasalnya, informasi apapun terkait Kepulauan Seribu akan mudah di akses tidak hanya wisatawan domestik, tapi juga mancanegara.

"Mulai dari destinasi, homestay, maupun kuliner hingga biaya transportasi akan terinformasikan," katanya.

Sandi menambahkan, melalui pelaksanaan konsep ini, pulau-pulau di Kepulauan Seribu harus memiliki titik-titik yang menarik dan bisa dipromosikan. Sehingga, jumlah kunjungan wisatawan semakin meningkat.

"Tidak boleh ada lagi blank spot, sudah tidak boleh ada lagi tempat yang tidak menarik," tandasnya.

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing
Sumber  : Beritajakarta.com